Kapolda Bersama 3 Pimpinan TNI Pantau Prokes Pemungutan Suara

Manado, KOMENTAR – Aparat keamanan TNI, Polri bersama Pemerintah terus memberi perhatian serius dalam pencegahan covid-19 dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Buktinya, imbauan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan covid-19 terus diingatkan aparat keamanan di seluruh wilayah.

Hal ini dibuktikan dengan peninjauan pemungutan suara di sejumlah wilayah oleh Kapolda Sulut Irjen Pol R.Z Panca Putra Simajuntak, bersama Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danlantamal VIII Brigjen TNI Donar Philip Rompas, Danlanudsri Kolonel Pnb Abram Tumanduk dan sejumlah PJU Polda Sulut,

Kunjungan Kapolda bersama Forkompimda Sulut untuk memastikan pemungutan suara sudah berjalan dengan mekanisme dan aturannya. “Terlebih bagaimana teman-teman dari KPU, PPK serta KPPS memastikan bahwa semua hak suara masyarakat itu terlayani dengan baik. Termasuk yang paling utama adalah memperhatikan protokol kesehatan selama proses pemungutan suara ini,” ujar Kapolda, saat meninjau sejumlah TPS di Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (09/12) kemarin.

Lebih lanjut Kapolda mengingatkan sekaligus mengimbau setelah warga memberikan hak suaranya, agar segera pulang ke rumah. “Saya bermohon kepada masyarakat nanti apabila sudah ditutup pemungutan suara, tidak usah berkerumun menonton menyaksikan proses penghitungan. Karena itu bisa menjadi klaster baru, kita waspadai bersama-sama,” imbaunya.

Mantan Direktur Penyidikan KPK ini juga mengimbau masyarakat, tidak perlu untuk euforia kemenangan. “Karena mekanisme penghitungan itu sudah diatur oleh Peraturan KPU, ada tahapannya yang dilaksanakan, melalui PPK, KPU Kabupaten/Kota dan KPU Provinsi,” tandasnya.

Kapolda juga menyampaikan hingga siang hari pelaksanaan pencoblosan, situasi keamanan sangat kondusif dan masyarakat memberikan hak suaranya dengan semangat yang tinggi. Pada kesempatan itu juga Kapolda Sulut bersama rombongan menyambangi Mako Polres Minsel dan Kantor Bawaslu Minahasa Selatan.

Kapolda bersama Danrem 131/Santiago melihat kesiapan anggota pada pengamanan TPS jelang pemungutan suara

Diketahui, sehari sebelum dilaksanakan pemungutan suara, Kapolda bersama Danrem 131/Santiago, Ketua KPU Sulut dan sejumlah PJU Polda Sulut memantau langsung kesiapan sejumlah TPS di Kota Manado dan Tomohon. Awalnya rombongan meninjau sejumlah TPS yang ada di Bumi Beringin, Winangun, Pineleng dan kemudian menuju Kota Tomohon.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Sulut dan rombongan memantau dan memastikan kesiapan para penyelanggara Pilkada di beberapa sampling TPS yang dikunjungi. Selain itu, Kapolda juga memastikan jaminan keamanan yang digelar oleh Polri, yang dibackup TNI dan Linmas selama pelaksanaan tahapan pemungutan suara di TPS.

“Kami datang untuk memastikan proses kegiatan dan kesiapan serta memberikan rasa aman, meyakinkan masyarakat Sulawesi Utara bahwa Pilkada 2020 siap untuk dilaksanakan dengan keamanan yang kami jamin,” pungkasnya.(oby)

Komentar