Site icon komentarnews.com

Kolaborasi Aparat Kampung-TNI Salurkan Bantuan

Proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa oleh Pemerintah Kampung Mohong Sawang, di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)

Sitaro, KOMENTAR – Aparat pemerintah Kampung Mohongsawang, Kecamatan Tagulandang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (Dandes), Selasa (22/12).

Meski pada prosesnya pihak pemerintah kampung berkolaborasi dengan aparat TNI, termasuk juga Polri. Kapitalaung Kampung Mohongsawang Resti Rena paponah mengatakan, kehadiran Babinsa serta pihak Bhabinkamtibmas di dalam proses penyaluran bantuan ini sangat membantu.

“Hal ini (penyaluran) selain memberi rasa aman, juga sebagai bentuk transparansi agar prosesnya tepat sasaran,” kata Papona. Sementara Babinsa Kampung Mohongsawang Serda Kenner Lohonauman, Anggota Koramil 1301-01/Tagulandang secara bersama melakukan pendampingan penyaluran bantuan tersebut.

Kesempatan Serda Kenner Lohonauman menyampaikan kepada warga yang menunggu giliran menerima bantuan untuk tetap terapkan protokol kesehatan. “Harus menjaga jarak serta menggunakan masker dan bagi warga yang baru datang,” kata Lohonauman.

“Kepada mereka (warga) juga diingatkan wajib cuci tangan di tempat yang sudah di sediakan sebelum memasuki ruangan,” ucap dia. Ia pun mengatakan kehadiran langsung saat proses distribusi bantuan tersebut sebagai bentuk tugas TNI. Menurut dia, perlu pengawasan langsung terkait memastikan proses penyerahan bantuan tetap sasaran.

“Meski hal paling prinsip soal pengawasan penerapan protokol kesehatan, sebagaimana yang sudah menjadi ketentuan wajib di masa pandemi saat ini,” tandasnya.(sal)

Exit mobile version