Kota Bitung Perketat Prokes, Warga Masuk Jalur Darat dan Laut Diperiksa

Bitung, KOMENTAR – Upaya pencegahan penularan Covid-19 semakin diperketat di seluruh daerah. Seperti halnya Kota Bitung, terus memperketat protokol kesehatan (prokes) melalui pemeriksaan terhadap warga yang akan masuk di wilayah kota cakalang tersebut.

Salah satu pemeriksaan dilakukan dengan penyekatan terhadap kendaraan yang masuk melalui salah satu pintu masuk Kota, yaitu di Pos Terpadu KEK Bitung.

Pemeriksaan dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Bitung AKP Stanley Rambing, Minggu (10/01). Petugas gabungan kemudian melakukan pengukuran suhu tubuh terhadap warga yang melintas, dan bila ditemukan suhu diatas 37.3 derajat maka dilakukan rapid tes.

Hasil random tes saat itu didapati 2 orang warga Kota Manado dinyatakan reaktif dari total yang dirapid sebanyak 24 orang. Warga yang kedapatan reaktif oleh petugas tidak diperkenankan masuk ke wilayah Kota Bitung dan wajib isolasi mandiri. ā€œKegiatan ini untuk mengurangi penyebaran covid-19 yang semakin hari semakin bertambah, khususnya di Kota Bitung,ā€ ujar AKP Stanley.

Kegiatan tersebut diikuti oleh petugas gabungan dari Polres Bitung 9 personil, TNI 2 personil, Pol PP 7 personil dan Dinas Kesehatan 4 personil.

Langkah pencegahan juga dilaksanakan di Polsek Kawasan Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung, melalui pengamanan naik turunnya penumpang kapal. Selain kegiatan pengamanan, Polsek KPS Bitung juga melakukan pengawasan penerapan Protokol Kesehatan untuk memutus mata rantai Covid-19. Kegiatan pengamanan dan pencegahan wabah covid-19 ini dilakukan bersama instansi terkait, yaitu dari Dinas Karantina Kesehatan Pelabuhan Bitung, PT Pelni Bitung, PT Pelindo IV Bitung, TNI dan Karantina Tumbuhan.

Penumpang yang turun diarahkan untuk melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun. Memasuki ruangan tunggu, dilakukan pemeriksaan surat kelengkapan kesehatan yang dimiliki dan pendataan calon penumpang serta dilakukan pengukuran suhu tubuh penumpang dengan thermal gun oleh petugas KKP Bitung. ā€œSelain mencegah gangguan kamtibmas, Polsek KPS juga mengawasi penerapan prokes untuk mencegah penyebaran covid-19,ā€ ujar Kapolsek KPS, AKP Herman Pamuli.(oby)

Komentar