Vaksinasi Covid-19, Pemkot Siapkan 18 Vaksinator

Tomohon, KOMENTAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon telah menyiapkan sebanyak 18 orang vaksinator untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Mereka terdiri dari perawat dan bidan yang telah mendapat pelatihan penyuntikan vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed Kamis (14/01) mengatakan 18 vaksinator yang disiapkan juga telah mengikuti simulasi untuk launching penyuntikan vaksin. “Mereka sebelumnya sudah melalui pelatihan khusus yang diikuti selama satu pekan. Pelatihan digelar via zoom, namun dipandu langsung,” urainya.

Dijelaskannya, vasinasi bukan hanya dilakukan pada bulan Januari namun untuk tahap pertama akan berlangsung sampai April. “Vaksinasi tahap pertama akan mempertimbangkan jumlah penambahan kasus positif, risiko penularan, dan populasi. Sedangkan daerah yang dinilai relatif rendah akan diberikan secara bertahap,” jelasnya.

Sekedar diketahui, Vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Kota Tomohon pada Rabu (13/1), sekitar pukul 10.45 WITA. Vaksin dibawa oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, dikawal ketat oleh Brimob dan Lantas.

Vaksin diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed bersama jajaran didampingi unsur TNI dan Polri. “Vaksin yang tiba berjumlah 3.100 vial. Vaksin ini diprioritaskan untuk 1.539 tenaga kesehatan,” kata Liuw seraya mengatakan vaksin telah disimpan di tempat yang aman dan sesuai SOP dengan pengawasan dan pengamanan melibatkan TNI/Polri.(rom)

Komentar