Jimmy Eman, Kepala Daerah Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Tomohon, KOMENTAR – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA menjadi kepala daerah pertama di Sulawesi Utara yang disuntik Vaksin Covid-19. Eman menerima vaksinasi di RSUD Tomohon pada Jumat (15/1), usai acara pencanangan vaksinasi Covid-19 di Istana Kepresidenan yang didahului dengan vaksinasi kepada Presiden Joko Widodo.

Sekedar diketahui, Kota Tomohon merupakan daerah pertama di Provinsi Sulawesi yang menerima Vaksin Covid-19 buatan Sinovac bersama perlengkapannya. Penyuntikan vaksin yang didahului Walikota Tomohon disusul Kapolres AKBP Bambang Azhari Gatot SIK MH sebagai Kapolres Pertama di Sulut yang disuntik Vaksin Covid-19. Selanjutnya Asisten Umum Drs ODS Mandagi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Drs Gerardus Mogi, dilanjutkan unsur tenaga kesehatan di Kota Tomohon. “Maka perlu segera dilakukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan namun juga diperlukan melalui vaksinasi,” katanya.

Dikatakannya, vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. “Kekebalan kelompok hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah. Serta upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, akan jauh lebih hemat biaya, apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan,” tambahnya.

Berdasarkan informasi, pelayanan vaksinasi di Kota Tomohon berjumlah 11 layanan (7 puskesmas, 3 rumah sakit, 1 klinik polres). Vaksinasi mulai dilaksanakan Jumat (15/1) dengan sasaran tenaga kesehatan sebanyak 1.539 orang. Sementara vaksinator di Kota Tomohon yang sudah dilatih berjumlah 18 orang.

Vaksin yang diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara pada Rabu (13/1)Ā  sebanyak 3. 100 vial. Vaksin ini sudah memiliki sertifikat halal dari Kementerian Agama dan ijin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dosis vaksinasi yaitu pemberian sebanyak 2 kali (0 hari dan hari ke 14).

Untuk tahap pertama vaksinasi diprioritaskan bagi tenaga kesehatan. Selanjutnya masyarakat Kota Tomohon akan menerima vaksinasi secara bertahap sesuai jadwal pemberian vaksin. “Diharapkan masyarakat tidak ragu untuk divaksin. Meski telah mendapat vaksinasi, masyarakat diimbau untuk tetap disiplin protokol kesehatan,” imbau Walikota.(rom)

Komentar