BMKG: Gempa 7,1 Magnitudo Guncang Talaud, Sekda: Tidak Berpotensi Tsunami, Listrik Padam dan Bangunan Aman

Talaud, KOMENTAR – Gempa bumi berkekuatan 7,1 Magnitudo mengguncang Sulawesi Utara dan sekitarnya, Kamis (21/01) malam.  Berdasarkan data dari Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pada Pukul 19.23 WITA, pusat gempa berada di 134 Km timur laut Melonguane dengan kedalaman 154 kilometer, tidak berpotensi tsunami.

Sekertaris Daerah Kepulauan Talaud DR Yohanis B K Kamagi AP MSi saat dikonfirmasi membenarkan adanya gempa dengan guncangan yang kuat terjadi di Talaud. “Ya benar ada gempa barusan dengan kekuatan 7,1 magnitudo dan tidak berpotensi tsunami,” ungkap Kamagi saat dihubungi via telepon, tadi malam (21/01).

Dikatakannya, dari sumber pusat gempa, Pemerintah telah menghimbau warga agar tetap waspada. Karena kita tidak bisa menduga alam.

“Dengan gempa ini semacam sebuah peringatan bagi kami. Untuk itu kami terus menghimbau warga untuk menigkatkan kewaspadaan bagi masyarakat.

Apalagi warga yang ada di pesisir pantai harus lebih waspada, harus memperhatikan tanda tanda kenaikan air laut ataupun surut. Mengikuti tanda-tanda tempat perlindungan atau evakuasi yang sudah terpasang di desa-desa jika terjadi gempa susulan dan tsunami,”jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini belum ada aktivitas untuk mengungsikan masyarakat ke tempat lebih aman dikarenakan tidak berpotensi tsunami. Tapi kami dan masyarakat tetap dalam kondisi standby siaga.

“Pada prinsipnya masyarakat tidak terlena dan tetap siaga. Kami pemerintah melakukan pemantauan terus menerus atas tanda-tanda gempa susulan dan tsunami,”pungkasnya.

Ia juga mengatakan, belum ada bangunan fisik yang mengalami kerusakan serius. Namun, akibat  gempa saat ini kondisi Kabupaten Talaud gelap gulita akibat listrik padam.  “Bisa dilihat kekuatan gempa ini, kami warga talaud sangat bersyukur tidak ada bangunan yang runtuh. Mungkin yang retak retak sejauh ini belum bisa kami monitor sepenuhnya dikarenakan saat ini sedang listrik padam. Nanti akan di koordinasikan dengan perangkat Lurah, Camat untuk melaporkan kerusakan yang ada,” tukasnya.(vil)

Komentar