Dirbinmas Polda Sulut Pimpin Upacara Virtual HUT Satpam ke-40, Turut Dilakukan Baksos di Wilayah Polres Minut

Sulut, KOMENTAR – Satuan Pengamanan (Satpam) kembali memperingati Ulang Tahun di Tahun 2021. Kali ini usia ke-40 yang jatuh pada tanggal 30 Desember 2020, diperingati dengan melaksanakan upacara yang digelar secara virtual di seluruh Indonesia. Upacara HUT ke-40 Satpam ini dipusatkan di Mako Korbinmas Baharkam Polri, dipimpin oleh Kakor Binmas Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Selasa (02/02).

Pelaksanaan upacara ini diikuti secara virtual oleh seluruh jajaran Kepolisian, Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dan Asosiasi Jasa Pengamanan (AJP).

Di Polda Sulut, kegiatan dilaksanakan di aula Tribrata, dihadiri oleh Dirbinmas Polda Sulut Kombes Pol Dumadi, Ketua BPD Abujapi Sulut Setli Kohdong, Sekretaris Julius Akay dan perwakilan BUJP se-Sulawesi Utara. Dalam peringatan HUT ke-40 Satpam kali ini, tema yang diangkat adalah ā€˜Tingkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Satuan Pengamanan Menjadi Profesi yang Membanggakan dan Bermartabatā€™.

Direktur Binmas Polda Sulut Kombes Pol Dumadi berharap, Satuan Pengamanan selaku mitra Polri dapat terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pelaksanaan tugas.

ā€œJangan bosan-bosan melaksanakan pelatihan-pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan dari masing-masing anggota Satuan Pengamanan. Semoga Satpam ke depan bisa diandalkan dalam melakukan pengamanan di lingkungan dimana mereka bekerja,ā€ ujarnya.

Dalam memeriahkan HUT Satpam kali ini, beberapa kegiatan sudah dilakukan di Sulawesi Utara diantaranya, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, anjangsana ke Panti Asuhan Siti Khadijah Sumompo dan Panti Asuhan Bakti Mulia Karombasan, serta lomba drill tongkat T yang digelar di Megamas Manado.

Kapolres Minut, AKBP Grace Rahakbau, memimpin baksos HUT Satpam di Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minut

Khusus untuk lomba drill tongkat T, juara pertama diraih oleh PT Mega Jasa Kelola diikuti juara kedua PT Jati Makmur Perkasa, dan juara ketiga Herko Security Jaya. Penyerahan tropi dilaksanakan usai upacara virtual.

Sementara itu, peringatan HUT Satpam di Minahasa Utara (Minut) dipimpin langsung Kapolres Minut, AKBP Grace Rahakbau, dengan melaksanakan bakti sosial di Biara St. Anna Lembean dan Panti Wredha Bethania Paslaten, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minut.

Dalam bakti sosial tersebut, Kapolres memberikan bantuan berupa paket sembako diantaranya beras, mie instan, air mineral, kecap, telur, dan tepung.

ā€œBakti sosial ini sebagai wujud kepedulian dari keluarga besar Polres Minut dan personil Satpam. Semoga bisa sedikit meringankan beban di masa pandemi Covid-19,ā€ pungkas Kapolres.(oby)

Komentar