oleh

Pulau Miangas, Nanusa dan Gemeh Bakal Dijadikan KEK

Melonguane, KOMENTAR – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud terus berkomitmen untuk membangun wilayah perbatasan NKRI, khususnya Talaud, yang berbatasan langsung dengan negara Filipina.

Buktinya, Bupati Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga, bakal menjadikan pulau Miangas, Nanusa dan Gemeh sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah perbatasan.

Bupati Kepulauan Talaud dr Elly  Engelbert Lasut mengatakan, dalam rangka mempercepat pencapaian pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, maka sasaran kita yaitu Nawacita atau membangun Indonesia dari pinggiran.

“Kami Pemerintah Daerah dan team ekonomi Unsrat bersama Deputi 1 KSP dan Deputi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, telah melakukan audiensi membahas kawasan ekonomi khusus wilayah perbatasan Miangas, Nanusa dan Gemeh,”ujar E2L saat dihubungi wartawan harian, Rabu (03/02).

Menurut E2L, kawasan perbatasan itu perlu dibangun sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, supaya pertumbuhan ekonomi bisa baik. “Selain pertumbuhan ekonomi membaik, pengembangan kawasan untuk pertumbuhan ekonomi, antara lain industri, pariwisata dan perdagangan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, investasi, ekspor, substitusi impor dan menciptakan lapangan kerja yang memadai,”pungkasnya.

Mengenai hal tersebut, Deputi 1 KSP Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Febry C. Tetelepta rencananya bersama team akan mengunjungi Talaud guna mematangkan rencana selanjutnya.

“Tanggapan dari mereka sangat antusias. Sehingga tanggal 5 April dijadwalkan KSP yang terdiri dari beberapa Deputi terkait bersama dengan kementerian lembaga akan datang ke Talaud meninjau langsung guna mematangkan rencana selanjutnya,” tukasnya.(vil)

Komentar