Pemkab dan DPRD Sitaro Bertemu Wamendag

Sitaro, KOMENTAR – Pihak Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro dan DPRD menyambangi Kementerian Perdagangan RI, pekan lalu. Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, John H Palandung, bersama sejumlah anggota dewan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Herry Lano bertemu dengan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, yang didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Ketut Astawa dan Kepala Sub Direktorat Pasar Sugi di Gedung II Kantor Kemendag. Wabup Palandung menjelaskan, kunjungan pemerintah daerah ini terkait membahas peningkatan kapasitas Pasar Ampera Ulu Siau.

“Karena perputaran ekonomi di Ampera Ulu terus mengalami peningkatan, tapi kondisi yang ada terbentur dengan daya tampung pasar tidak lagi representatif untuk mengakomodir para pedagang yang ingin berjualan. Untuk itu pemerintah daerah perlu berkoordinasi dengan kementerian terkait dalam rangka peningkatan kapasitas pasar tradisional tersebut,” ujar Wabup Palandung. Lanjut ia mengatakan, bahwa peningkatan kapasitas pasar ini sangat substantif bagi daerah. Karena itu akan mendorong daya beli masyarakat.

“Di tengah pandemi saat ini, maka meningkatnya daya beli masyarakat, maka itu akan membantu pertumbuhan ekonomi di daerah,” ujarnya kembali. Sementara itu, Wamendag sendiri menyambut baik sekaligus mengapresiasi terkait rencana pemerintah daerah. Ia pun menyatakan dukungan dengan rencana kepentingan komunal masyarakat di daerah 47 Pulau tersebut.

Tak cuma itu, Politisi Partai Golkar itu juga menawarkan pembangunan fasilitas Sistem Resi Gudang (SRG) untuk dimanfaatkan sebagai sarana penyimpan komoditi pala Siau, yang dikenal sebagai komoditi di sub sektor perkebunan dengan kualitas nomor satu di dunia. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri menuturkan, agar usulan tersebut dapat segera diajukan melalui Sistem Informasi Pasar Rakyat (SIPR). Deadlinenya, kata dirjen, April mendatang. “Sehingga kemudian dimasukan akan dimasukkan dalam program kegiatan Tahun 2022,” kata dirjen.(sal)

Komentar