oleh

Setahun Belum Terima Gaji, Guru THL Mengadu ke Dewan

Manado, KOMENTAR – Kabar buruk kembali datang dari Pemkot Manado. Pasalnya, guru Tenaga Harian Lepas (THL) yang sudah mengabdi setahun tak kunjung menerima gaji yang merupakan hak mereka.

Hal tersebut terungkap setelah lima guru THL mengadu ke Kantor DPRD Manado, Senin (22/02) kemarin. “Sudah setahun kami tidak digaji, bagaimana nasib kami pak,” tukas seorang THL yang mendatangi Komisi II DPRD Manado,

Wakil Ketua komisi II, Hengky Kawalo yang menerima aspirasi mereka mengatakan gaji kelima guru THL tersebut sangat riskan untuk dibayarkan, karena menurut anggota fraksi PDIP ini, hal tersebut akan berbenturan dengan aturan. “Saya harus sampaikan hal yang pahit bahwa gaji bapak pasti tidak akan dibayarkan. Gaji itu akan dibayarkan jika Diknas Manado mengakomodirnya sebagai utang sehingga bisa dibayarkan di APBD-P 2021,” jelas Kawalo.

Meski begitu, politisi 3 periode ini memastikan akan memanggil dinas terkait untuk membahas masalah ini. “Komisi II akan memanggil Diknas untuk meminta keterangan terkait lima guru THL yang belum dibayarkan gajinya pada tahun 2020 lalu. Begitu juga dengan status mereka yang tidak lagi diakomodir di tahun 2021 sebagai THL di Diknas Manado,” tukas Kawalo diiyakan anggota Komisi II, Iwan Marlian, Jimmy Gosal, dan Abdul Wahid.

Sementara salah seorang guru THL mengaku sudah ikhlas jika tidak menerima gaji tersebut. Namun mereka berharap bisa terakomodir kembali sebagai THL di Diknas Manado. “Saya sendiri ikhlas apabila tidak menerima gaji, namun alangkah baiknya apabila terakomodir kembali sebagai THL di Pemkot Manado melalui Diknas Manado,” tukasnya.(don)

Komentar