oleh

Call Center Manado Siaga Wakili Indonesia di IDC’S 201 SCAPA

Manado, KOMENTAR – Call Center Manado Siaga 112, kembali mendapat pengakuan internasional. Pasalnya, pemanfaatan teknologi yang dicetuskan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado ini, terpilih mewakili Indonesia, sebagai salah satu finalis IDC’s 2021 Smart City Asia Pacific Awards (SCAPA).

“Kita masuk kategori Public Safety- Next-Generation Emergency Services,” ungkap Sekretaris Kota (Sekkot) Mickler Lakat SH, Selasa (23/2).

Menurut Lakat,  mempresentasikan Emergency Call Center Manado Siaga 112, telah banyak memenangi ajang kontesasi. Salah satunya, pernah menjadi pemenang dalam  ajang Contact Center Word 2019 Best in Asia Pasific, yang dilaksanakan di Phuket Thailand. “Dan tidak hanya soal penghargaan saja yang dikejar. Tapi, call center ini benar-benar digunakan oleh masyarakat Kota Manado dalam kondisi darurat. Dan hal tersebut sangat membantu kami (pemerintah) dalam hal tindak lanjut, maupun warga yang butuh pertolongan,” jelasnya.

Dijelaskan mantan Asisten I Pemkot Manado ini, call center sangat membantu penanganan Covid-19 dan penanganan bencana di Kota Tinutuan. Layanan 1×24 jam yang disediakan Pemkot tersebut, dapat menampung keluhan warga yang memerlukan layanan secara cepat. Apalagi, keluhan warga tersebut langsung dikoordinasikan operator call center ke perangkat daerah terkait.

“Call center 112 kami jadikan saluran siaga (hotline) untuk komunikasi dan koordinasi penanganan corona. Setiap hari, petugas pusat panggilan (call center) yang ada di ruang Posko Cerdas (Cerdas Command) Center (C3) Kantor Walikota Manado ini, ramai menerima laporan, komplain maupun keluhan terkait Covid-19, di samping beberapa laporan lainnya,” ungkap Lakat.

Adapun layanan call center ini dapat digunakan tanpa biaya pulsa. “Jadi sama sekali tidak memberatkan masyarakat,  terutama di situasi darurat,” tutupnya.(kot)

Komentar