Laboratorium PCR RS Bhayangkara Siap Periksa 96 Sampel Per Hari

Manado, KOMENTAR – Usai diresmikan Kapolda Sulut Irjen Pol R.Z Panca Putra S, kini Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Tingkat III Manado, siap memeriksa puluhan sampel dalam mendeteksi adanya covid-19.

Menurut Kapolda, dengan diresmikannya Laboratorium PCR ini akan membantu mendeteksi covid-19 sehingga dapat diambil langkah-langkah untuk pencegahan dan pengendalian potensi penularan covid-19. “Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado ini memiliki fasilitas pemeriksaan PCR terhadap upaya mentracing pandemi covid yang dialami oleh masyarakat,” ujar Kapolda didampingi Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr. Freddy Worang J, saat peresmian pada Selasa (23/02).

Lebih lanjut dikatakannya, laboratorium ini tidak hanya untuk anggota Polri, namun dibuka juga untuk masyarakat umum. Menurutnya, ini adalah bagian dari tanggung jawab Polri kepada masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan.

“Setiap hari nantinya, laboratorium ini bisa melayani pemeriksaan PCR hingga 96 sampel, yang memakan waktu 6 jam hingga hasilnya keluar. Peresmian Laboratorium PCR ini juga merupakan salah satu penjabaran Program Prioritas Kapolri dalam 100 hari, yaitu pemantapan dukungan Polri dalam penanganan covid-19 yang Presisi. Saya berharap personil Polri dan masyarakat umum di Sulawesi Utara dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya,” pungkas mantan Direktur Penyidikan KPK ini.

Test PCR untuk mendiagnosis covid-19 diawali dengan pemeriksaan pengambilan sampel dahak, lendir, atau cairan dari nasofaring bagian antara hidung dan tenggorakan, dan orofaring bagian antara mulut dan tenggorakan, pada pasien yang terduga mengidap virus corona. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan metode swab yang prosedurnya memakan waktu 15 detik dan selanjutnya sampel dahak ini akan diteliti dan diperiksa di laboratorium PCR.(oby)

Komentar