Bupati Gaghana Resmikan Gedung BUMDES Senggihilang

Sangihe, KOMENTAR – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana meresmikan gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Senggihilang di Kampung Sampakang, Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara (Tabselteng). Bupati Gaghana menandatangani prasasti, dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Sangihe, Ririswati Gaghana-Katamsi. Adapun kegiatan peresmian tersebut dirangkai dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jemaat GMIST Efata Sampakang ke-41 Tahun.

“Saya mengapresiasi atas kinerja dari aparat pemerintah Kampung Sampakang, yang boleh membangun gedung BUMDES ini,” ungkap Bupati Gaghana dalam sambutan. Selain dirinya menyampaikan ucapkan selamat atas HUT Jemaat GMIST Efata Sampakang. Menurutnya, sinergitas ini biarlah menjadi kekuatan dalam menopang kehidupan ekonomi usaha bersama masyarakat maupun jemaat. “Untuk pengembangan usaha saya mengajak pengurus BUMDes agar selalu bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Semisal, ingin menjual pupuk sinergikan dengan Dinas Pertanian, sehingga dapat difasilitasi,” ucapnya.

“Sementara apabila butuh dana tambahan modal, maka dapat menjalin kerja sama dengan pihak perbankan untuk permodalan,” imbuhnya. Kesempatan itu orang nomor satu di Sangihe juga memberikan sumbangan melalui proposal guna penyelesaian pembangunan gedung Gereja GMIST Efata Sampakang sebesar Rp 50 juta. Ketua BUMDES  Senggihilang, Welmin Makasigha mengungkap bahwa pengelolaan BUMDES telah dimulai sejak 2018. Waktu itu memanfaatkan rumah salah satu pengurus, dengan orientasi usaha pada kebutuhan sembilan bahan pokok.

“Namun, dengan perkembangan usaha, pengurus menginisiasi membangun gedung. Di mana belum seperti sekarang, namun sudah bisa menampung hasil pertanian holtikultura milik petani,” ucapnya. Nanti pada 2020 lalu, dengan anggaran Dana Desa (Dandes), maka dibangun gedung BUMDes dua lantai yang berdiri di lahan seluas 10×12 meter persegi. “Lahannya merupakan hibah dari tokoh masyarakat setempat,” tandasnya.(bon)

Komentar