oleh

94 Persen Warga Manado Kantongi KTP

Manado, KOMENTAR – Upaya Pemerintah Kota Manado agar warga wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk mulai membuahkan hasil. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado 94 persen warga telah mengantongi KTP.

“343.668 warga Manado telah memiliki KTP dari 368.241 warga wajib ber-KTP,” ungkap Kepala Disdukcapil Kota Manado Julises Oehlers SH MH melalui Kepala Bidang Pengelohan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Manado Julia Sanger SSTP di kantornya, Selasa (09/03).

Menurut Julia, Disdukcapil tetap melayani pembuatan KTP walaupun di masa pandemi dengan penerapan protokol kesehatan. “Pembuatan KTP dilayani secara online setiap hari kerja, sedangkan untuk perekaman KTP hanya dilayani 50 orang per hari,” ujar Julia.

Pemerintah Kota Manado menargetkan tahun ini seluruh warga sudah memiliki KTP. “Kami akan kembali membuat program jemput bola yakni perekaman KTP di kelurahan-kelurahan,” tutur mantan Lurah Tanjung Batu ini.

Ditambahkan, walaupun pengurusan KTP mengalami progres yang baik, namun tidak dikuti oleh pembuatan Kartu Indentitas Anak. Dimana untuk KIA tahun ini baru mencapai 12 persen dari total 13.667 anak yang ada di Kota Manado. “Inovasi potongan harga pembelian buku di beberapa toko buku bagi anak-anak pemegang KIA untuk mengoptimalkan pengurusan KIA di Kota Manado,” tukas Wanita yang pernah menjabat Lurah Titiwungen Utara ini.(kot)

Komentar