oleh

Perkuat Perdagangan Ekspor, E2L-MAP Gandeng Perbankan

Jakarta, KOMENTAR- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud terus berkomitmen memberi kontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi yang melambat akibat pandemi COVID-19. Salah satunya, melalui skema memperkuat sektor perdagangan ekspor di Bumi Porodisa.

Terkait itu, Bupati dr Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga (MAP) telah bertemu pihak Direksi PT Bank Mandiri Persero Tbk, di Jakarta, Selasa (16/3).

“Tujuan pertemuan ini dalam rangka memperkuat pasar dalam negeri dan meningkatkan daya saing sektor perdagangan luar negeri. Untuk itu, nantinya Bank Mandiri akan membuka cabang di Talaud,” ujar Wabup MAP usai pertemuan.

Lanjutnya, alasan pemerintah daerah memilih Bank Mandiri selaku mitra, karena mereka memiliki jaringan yang luas, bahkan sampai di luar negeri. Sehingga kata dia, ini adalah kesempatan untuk memperkuat jaringan perdagangan ekspor dari daerah.

“Jadi ketika akan mengekspor, seperti komoditi dari daerah dengan tujuan Filipina misalnya, maka kami perlu menggandeng pihak perbankan yang memiliki jaringan hingga ke luar negeri. Oleh karenanya, pemerintah daerah memilih Bank Mandiri, karena jaringannya luas, dan sampai ke luar negeri,” katanya.

Lebih lanjut ia menyatakan, ke depan nantinya di Talaud akan dibangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sudah pasti kehadiran KEK, akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Bumi Porodisa.

“Kehadiran KEK di tiga pulau, itu juga nantinya akan membuka jalur dagang yang lebih luas, dengan itu pula dapat meningkatan daya saing dan pengembangan produk ekspor melalui penguatan dan optimalisasi serta implementasi program-program unggulan untuk ekspor,” tuturnya.

“Dan sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, esok (hari ini), Pemkab Talaud bakal bertemu dengan Direksi Bank Mandiri yang ada di Sulawesi Utara,” tuturnya kembali.(vil)

Komentar