oleh

E2L-MAP Berkomitmen Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Daerah Yang Berkualitas

Talaud, KOMENTAR – Bupati Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga (MAP) terus berkomitmen meningkatkan pengelolaan keuangan daerah yang berkualitas. Salah satunya, melalui aplikasi kas daerah (kasda) online dan dana desa (dandes).

Dimana, Pemerintah Kepulauan Talaud telah meneken Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), bersama PT Bank Pembangunan Daerah Sulut dan Gorontalo, tentang aplikasi Kasda Online dan dana desa, Jumat, (26/3), di Manado.

Menurut E2L, aplikasi kas daerah secara online terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), dalam rangka peningkatan pelayanan keuangan daerah yang transparan, efektif dan akuntabel.

“Saat ini kita terus berkomitmen untuk menciptakan pemerintahan yang berkualitas. Dimana, sistem keuangan daerah melalui kasda online dan dandes, dapat dikelolah secara transparan dan akuntabel,” ungkap E2L.

Dengan begitu kata E2L, dapat mempengaruhi kualitas laporan keuangan Pemkab Talaud. Serta dapat dipertanggungjawabkan dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat yang ada di Bumi Porodisa.

“Kita harapkan, tidak lagi menggambarkan situasi pengelolaan keuangan daerah dan dandes yang semrawut. Harus transparan, dapat dipertanggungjawabkan dan terhindar dari KKN,” ujarnya.

E2L juga berharap,  Kepulauan Talaud semakin lama semakin berkualitas. Walaupun saat sekarang ini Kabupaten Talaud masih banyak tempat yang blank spot.

“Jadi disana itu Pak Kepala BPKP yang menjadi tantangan kita itu yaitu blank spot area. Kita hanyalah memiliki beberapa provider. Dan saat sekarang ini masih dalam bentuk janji-janji dari pihak Kominfo untuk melakukan perbaikan kebutuhan jaringan telekomunikasi,” jelas E2L.

Dengan langkah kita untuk melakukan Kasda Online ini, maka ini menjadi salah satu pendorong untuk meyakinkan Kominfo, bahwa kita sudah betul-betul membutuhkan jaringan yang terintegrasi dan berkualitas dan tidak ada lagi area blank spot di Kabupaten Talaud.

“Sehingga kita bisa merasakan perkembangan Kepualauan Talaud akan semakin baik dan terus diberkati,” katanya.

Bupati E2L juga menyampaikan terima kasih kepada BPKP Provinsi Sulut, yang terus memberikan dukungan dan pendampingan dalam mengelolah keuangan daerah secara transparan.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada pak Kepala BPKP Sulut yang telah membimbing dan terus setia mendampingi Sekda saya (Yohanis Kamagi). Jadi saya percaya ditangan beliau melakukan pengelolaan keuangan daerah kita bisa lebih baik dan optimal,”  sambil berharap, melalui kerja sama ini, diharapkan dapat mewujudkan target penyelenggaraan keuangan daerah dengan meraih opini WTP yang ke-5 kali secara berturut-turut.(vil)

Komentar