oleh

2.119 Catar Akpol, Casis Bintara dan Tamtama Ikuti Rikkes I

Manado, KOMENTAR – Proses Penerimaan Terpadu Taruna-Taruni Akpol, Bintara dan Tamtama Polri TA 2021 di Sulawesi Utara saat ini memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan tahap 1. Kegiatan pemeriksaan dilaksanakan di Mako Brimob Polda Sulut, Paniki Manado. Sesuai jadwal, proses pemeriksaan kesehatan (rikkes) tahap 1 dilaksanakan selama 20 hari, dimulai 19 April hingga 8 Mei 2021.

Sebelumnya para catar dan casis menyelesaikan pemeriksaan administrasi (rikmin) dan yang lolos ke tahap rikkes sebanyak, Catar Akpol 91 orang, Casis Bintara 1900 orang dan Casis Tamtama 128 orang .

Terpantau pada Sabtu (24/04) akhir pekan, panitia pemeriksaan kesehatan yang berasal dari Bidang Dokkes Polda Sulut, melaksanakan proses pemeriksaan fisik para casis, mulai dari pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan mata, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi hingga pemeriksaan seluruh tubuh bagian luar. Proses ini mendapat pengawasan ketat dari pengawas internal yaitu Itwasda dan Propam, serta pengawas eksternal dari LSM.

Kabid Dokkes Polda Sulut melalui Kasubbid Kespol AKBP Jim Pinasang, selaku sekertaris seleksi penerimaan tahapan rikkes mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut dengan metode one day service. “Seluruh peserta seleksi sudah dibagi per kelompok. Dan setiap harinya setelah selesai dilakukan pemeriksaan, hasilnya langsung diumumkan dan bisa diketahui peserta hari itu juga, apakah MS atau Memenuhi Syarat untuk lanjut tahapan tes selanjutnya ataukah tidak,” ujar AKBP Jim.

Seluruh peserta seleksi sebelumnya juga sudah dirapid antigen untuk memastikan dirinya bebas dari covid-19. Sedangkan jika didapati positif covid, maka akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat.(oby)

Komentar