oleh

20 Peserta Seleksi Catar Akpol Lulus ke Tahap Rikkes II

Manado, KOMENTAR – Proses seleksi penerimaan Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran 2021, mulai memasuki babak baru. Kali ini, para peserta akan memasuki tahapan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) tahap dua. Hal ini dibuktikan dengan digelarnya sidang kelulusan di aula Tribrata Polda Sulut, Senin (24/05) kemarin, dipimpin oleh Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Rudi Darmoko.

Adapun peserta yang mengikuti seleksi Penerimaan Catar Akpol di Polda Sulut tahun 2021 ini, yang masih dinyatakan memenuhi syarat sampai dengan tahap uji kesamaptaan jasmani dan anthropometrik berjumlah 29 orang terdiri dari pria 24 orang dan wanita 5 orang.

“Untuk menentukan peserta calon Taruna Akpol dalam mengikuti Rikkes Tahap II ditentukan sebanyak 3 kali kuota Dipa yang ditetapkan, berdasarkan rangking perhitungan akumulasi nilai tahapan seleksi beserta pembobotannya,” kata Wakapolda.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari hasil perangkingan Catar Akpol yang dinyatakan lolos ke tahapan Rikkes Tahap II sebanyak 20 orang, 4 diantaranya wanita. Ia juga mengapresiasi para peserta yang telah melaksanakan test mengoptimalkan kemampuan dari masing-masing peserta untuk dapat lulus dari tiap tahapan test yang mereka lalui.
“Hasil yang peserta peroleh semata-mata memang murni oleh kerja keras dan kemauan belajar, serta berlatih dari para peserta untuk dapat lulus menjadi seorang anggota polisi,” ujarnya.

Dalam Penerimaan Terpadu Catar Akpol TA 2021, ada beberapa tahapan test yang dilaksanakan, antara lain pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap satu, pemeriksaan psikologi tahap satu, uji akademik, dan uji kemampuan jasmani serta anthropometrik.
Menurut Wakapolda, pelaksanaan seleksi Penerimaan Catar Akpol TA 2021 di Polda Sulut ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib, karena komitmen dari seluruh panitia penerimaan yang melaksanakan kegiatan ini dengan memegang teguh prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

”Ini tidak lepas dari peran pengawas baik pengawas internal dan pengawas eksternal yang melakukan pengawasan secara melekat di setiap tahapan test, sehingga benar-benar menutup celah pihak manapun yang berusaha melakukan pungli dalam penerimaan anggota Polri,” tegas Wakapolda.(oby)

Komentar