oleh

MPR RI-BKSAUA Manado Gelar Sosialisasi 4 Pilar

Manado, KOMENTAR –3 orang Anggota Badan Sosialisasi MPR RI Ir Stefanus BAN Liow MAP (DPD RI/Sulut), KH Aus Hidayat Nur (PKS/Kaltim), Anggia Erma Rini MKM (Fraksi PKB/Jatim) bersama Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Sabtu (12/6/2021) di Hotel Peninsula Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Maksud kegiatan tersebut adalah menyegarkan dan mengingatkan kembali kepada komponen bangsa, termasuk tokoh-tokoh agama tentang nilai nilai luhur berbangsa dan bernegara.

Saat memberikan materi Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) mengatakan, BKSAUA, didalamnya tokoh-tokoh agama mempunyai arti yang sangat penting dan strategis dalam membangun manusia Indonesia yang berkualitas. “Dengan demikian melalui BKSAUA dan tokoh-tokoh agama diharapkan menjadi ujung tombak sekaligus mengsosialisasikan kepada umat dan jemaat masing-masing bahkab masyarakat dilingkungan sekitar untuk menghayati memahami dan merefleksikan nilai-nilai luhur Pancasila agar mencintai Tuhan, menghormati antar umat beragama, sesama, membangun kekeluargaan dan demokrasi serta mengedepankan keadilan.

“Perbedaan dan keanekaragaman suku, bahasa, adat istiadat, agama dan golongan, sesungguhnya adalah suatu kekayaan dan kekuatan bangsa dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur,” kata Senator SBANL. Demikian pula dalam materi KH Aus Hidayat Nur dan Anggia mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa ditengah keanekaragaman. Secara kompak, ketiga Anggota Badan Sosialisasi MPR RI menjelaskan Empat Pilar, yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR RI, NKRI sebagai Bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika, sebagai Semboyan Negara.

Sedangkan Ketua Umum Presidium BKSAUA Kota Manado Pdt Melky Tamaka MTh mengapresiasi kepercayaan dari Badan Sosialisasi MPR RI sebagai alat kelengkapan MPR RI yang telah menjadikan BKSAUA Kota Manado sebagai partner dalam menyosialisasikan 4 Pilar MPR RI.
“Terima kasih telah memilih kami BKSAUA Kota Manado. Kiranya kegiatan yang dilaksanakan dapat mengingat persepsi masyarakat tentang pentingnya nilai nilai luhur berbangsa dan bernegara,” kata Tamaka.

Turut hadir dalam acara tersebut Plt Kaban Kesbangpol Kota Manado Meiske Lantu SE, Ketua MUI Manado KH Mashar Kinontoa, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.(hara)

Komentar