oleh

Gubernur Olly Soft Opening RSJ Ratumbuysang di Kalasey

Manado, KOMENTAR – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey melakukan soft opening Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr VL Ratumbuysang di Desa Kalasey Kabupaten Minahasa, Senin (26/07). Dalam sambutannya, Gubernur Olly menyampaikan terima kasih kepada segenap pihak yang telah mendukung setiap tahapan pembangunan RSJ ini hingga selesai sesuai dengan rencana.

“Dan, kini tinggal kita lengkapi sarana prasarana di dalamnya. Kemudian dapat dioperasionalkan untuk melayani masyarakat, bahkan menjadi pusat rujukan pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia Bagian Timur,” kata Olly. Lanjut dikatakan Olly, dengan rampungnya dan hadirnya RSJ ini di Desa Kalasey 2, membuktikan bahwa kebersamaan dan persatuan kita sangat kuat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

”Jika menoleh kebelakang, banyak sekali rintangan dan tantangan dalam pembangunan RSJ ini. Puji Tuhan, pembangunannya dapat berjalan dengan baik, tanpa hambatan yang berarti. Sebagaimana niat baik dan tekad kita, RSJ ini dibangun karena keinginan untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi kepada masyarakat. Mengiringi niat baik itu, tentunya pengelolaan terlebih layanan yang kita berikan kepada semua masyarakat tanpa terkecuali, nanti harus prima dan konsisten, tidak hanya diawal-awal, tetapi seterusnya,” imbuh Olly.

Gubernur Olly pun berharap kesatuan tekad, komitmen, kebersamaan serta persatuan kita akan terus terpelihara hingga operasional penuh RSJ Prof Dr VL Ratumbuysang, khususnya untuk menopang pencapaian sasaran pembangunan sektor kesehatan di Provinsi Sulawesi Utara. ”Dengan telah berdiri dan akan beroperasinya RSJ ini, bukan berarti upaya kita sudah selesai

dalam mewujudkan ketersediaan infrastruktur dan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang sesuai SPM kesehatan, dan mewujudkan akses pelayanan kesehatan Sulawesi Utara yang berkualitas. Ke depan, kita punya prioritas pembangunan di sektor kesehatan, antara lain memperbanyak fasilitas pelayanan kesehatan di daerah ini, serta meningkatkan kapasitas tenaga medis. Bahkan dalam upaya pencapaian misi pertama yakni,peningkatan kualitas manusia Sulut, peningkatan kualitas dan pemerataan layanan kesehatan menjadi strategi utama,” jelas Olly.

Gubernur Olly juga mengajak kita semua untuk terus bersinergi dalam menyediakan infrastruktur dan fasilitas pelayanan kesehatan promotif dan preventif bagi masyarakat. Senantiasa dipahami bahwa eksistensi rumah sakit termasuk RSJ ini, merupakan representasi pengembangan sumber daya kesehatan masyarakat, serta memiliki fungsi yang sentral dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

”Saya dalam kesempatan yang berbahagia ini. Mari terus bersinergi membangun fasilitas kesehatan di daerah Bumi Nyiur Melambai untuk Sulut yang lebih sehat, dan Sulut yang lebih hebat. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menuntun kerja keras, pengabdian dan pelayanan kita bagi masyarakat. Menyertai langkah kita semua dalam melanjutkan pembangunan untuk kemajuan bangsa dan daerah,”pungkas Olly.

Hadir dalam kesempatan tersebut aggota Forkopimda Provinsi Sulut, para pejabat pimpinan tinggi pratama Lingkup Pemprov Sulut, para pimpinan instansi vertikal, Direktur RSJ Prof Dr VL Ratumbuysang, para pimpinan Rumah Sakit di Sulut , para pimpinan organisasi profesi dan asosiasi di bidang kesehatan.(ist/mly)

Komentar