oleh

Mendapat Apresiasi Polda Sulut, Aksi Heroik Kanit Provos di Tengah Banjir Dumoga 

Bolmong, KOMENTAR – Sebuah foto anggota Polisi tengah membantu warga terdampak banjir viral di media sosial. Anggota polisi berpakaian dinas lengkap terlihat rela basah-basahan turun di tengah genangan air banjir untuk membantu warga. Lantas siapa bhayangkara sejati yang hadir ditengah-tengah bencana banjir dumoga?. Adalah Aipda Johny Jefri Rindengan yang kesehariannya bertugas sebagai Kanit Provos Polsek Dumoga Timur.

Aksi heroik Anggota Polisi berpangkat Aipda itu viral di media sosial Facebook dan menjadi perbincangan hangat warga Dumoga belakangan ini. Seperti diketahui, kurang lebih 117 rumah warga desa Mogoyunggung Satu dan Kelurahan Imandi, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolmong terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa diakibatkan luapan sungai Ibomba dan Moonsi setelah diguyur hujan deras selama 2 hari dari tanggal 8-9 September 2021.

Detengah masyarakat terdampak banjir tersebut membutuhkan bantuan dari berbagai pihak untuk menyelamatkan jiwa, harta benda serta ketersediaan makanan, pakaian dan perawatan kesehatan. Tak terkecuali kehadiran anggota polri, dengan moto pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat sosok polri ini hadir ditengah musibah banjir.

Pagi itu Kamis, 9 Sep 2021 pkl 07.00 mendapatkan informasi melalui Medsos Facebook bahwa telah terjadi musibah banjir di desa Mogoyunggung dan Kel lurhaan Imandi Kecamatan Dumoga Timur. Sebagai anggota Polri yang memilki motto pengayom masyarakat, ia pun bergegas berpakaian dinas dan langsung menuju lokasi bencana. Ia pun langsung turun di tengah-tengah genangan air untuk turut membantu warga menyelamatkan harta benda, salah satunya seorang Bapak bernama Alo Kapantow warga desa Mogoyunggung Induk yang saat itu mengendarai Sepeda Motor, dalam perjalanan pulang dari kebun Alo terjebak banjir. Akhirnya dengan dibantu oleh Aipda Johny Jefry Rindengan sepeda motor tersebut berhasil dievakuasi ketempat yang aman.

Aksi kepedulian Aipda Johny Jefry Rindengan dalam membantu warga yang ditimpa musibah ternyata bukan baru kali ini. Seperti pada tanggal 17 Agustus 2017 ketika terjadi musibah banjir di desa Mogoyunggung Satu ia pun turut membantu mengevakuasi beberapa warga masyarakat yg terkena musibah dan mendapat apresiasi dari beberapa warga masyarakat seperti tampak pada laman akun FB.

Aipda Johny Jefry Rindengan ketika dimintai keterangan media ini mengaku upaya pertolongan yang dilakukannya secara spontan. “Ketika itu cuaca memang lagi hujan deras. Bersamaan ada informasi dari Facebook bajir menerjang wilayah desa Mogoyunggung dan Kel lurhaan Imandi. Saya pun spontan tidak pikir panjang harus bergegas ke lokasi bencana menyelamatkan warga disana, ” ujar Jefry. Ia berharap bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selain itu, dia ingin menjadi polisi yang bisa melakukan sepenuhnya tugasnya untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.
“Ya bangga, jadi semoga ini menjadi pendorong kita untuk lebih baik lagi dalam mengerjakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan melayani masyarakat,” pungkasnya.

Aksi heroik anggota polsek Dumoga itu menuai apresiasi dari warganet. Aksi kepedulian Aipda Johny Jefry Rindengan inipun mendapat apresiasi warga. Bahkan menurut warga, dalam kejadian serupa pada 17 Agustus 2017 silam, Aipda Johny juga beberapa kali membantu mengevakuasi warga dan barang-barang milik warga.”Komdan Jefry memang memiliki jiwa sosial dan kemanusian tinggi. Sudah beberapa kalo beliau turun membantu warga baik siang maupun malam dengan pakaian dinas lengkap, “ucap warga.

Aksi kemanusian Komdan Jefry tersut langsung mendapat respons dari Polda Sulut. Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast memberikan apresiasi atas kepedulian salah satu personel Polri yang bertugas di Polsek Dumoga Polres Bolmong ini.

“Tentunya ini menjadi teladan, bukan hanya untuk personel Polri tetapi untuk kita semua agar saling peduli di tengah situasi bencana yang terjadi di sekitar kita,” singkat Kombes Pol Jules Abraham Abast.(bly)

Komentar