Pekan ini Verifikasi 21 Sekolah untuk PTM Terbatas

Airmadidi, KOMENTAR -Sebanyak 21 sekolah yang ada di Minahasa Utara (Minut) siap menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Olfy Kalengkongan SPd MMPd, dalam pekan berjalan ini, pihaknya akan memulai proses verifikasi ke sekolah-sekolah.

“Saat ini sudah 21 sekolah yang memasukkan proposal PTM terbatas, yang terdiri dari 4 SMP dan 17 SD. Untuk itu pekan depan (pekan ini, red) kita akan turun lapangan untuk verifikasi dokumen yang sudah dimasukkan,” ujar Kalengkongan, Sabtu (18/09) lalu.

Lanjut dia, ke-21 sekolah tersebut tersebar di Kecamatan Airmadidi, Kauditan, Kalawat, Likupang Timur, Likupang Selatan dan Wori. “Untuk sekolah yang belum bisa melaksanakan PTM terbatas, akan tetap melanjutkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” tandasnya.

Pelaksanaan PTM terbatas nantinya menurut Kalengkongan akan dilakukan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan ketat dan kapasitas kelas maksimal 50 persen.

“Dalam proposal yang dimasukkan sekolah, ada sejumlah hal yang harus disiapkan sekolah. Antara lain, kesiapan fasilitas sesuai prokes, kesiapan guru juga adanya surat izin dari orang tua bagi siswa yang akan ikut PTM terbatas,” jelasnya.

Sebelumnya Bupati Joune JE Ganda SE menyatakan akan membuka sekolah untuk PTM terbatas. “Persiapan PTM untuk sekolah yang ada di Minahasa Utara, sedang kita persiapkan, jadi kita tinggal menunggu petunjuk pelaksanaannya,” ujar Bupati.

Pemkab Minahasa Utara lanjut Bupati saat ini tinggal menunggu petunjuk pemerintah pusat sambil terus mematangkan persiapan PTM. “Pada saat sudah siap untuk dilakukan sekolah tatap muka, maka di Kabupaten Minahasa Utara pun sudah kita akan laksanakan,” imbuhnya.

Kabupaten Minahasa Utara saat ini sudah berada pada Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Setelah sebelumnya sempat berada di level 4.

Saat ini penyebaran Covid-19 pun sudah mulai menunjukkan tren penurunan. Sementara vaksinasi terus digiatkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebagai salah satu bentuk persiapan PTM, guru-guru secara bertahap pun menerima vaksinasi.(vic)

 

 

Komentar