oleh

HLN Ke-76, PLN Suluttenggo Kunjungi PLTA Tertua di Sulawesi

Manado, KOMENTAR. Memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke-76, Manajemen PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tonsea Lama, Kabupaten Minahasa pada 27 Oktober 2021 lalu. PLTA Tonsea Lama merupakan yang tertua di Pulau Sulawesi.

Pada kegiatan ini, General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki beserta jajarannya berkesempatan melihat langsung kondisi PLTA Tonsea Lama yang merupakan pelopor kelistrikan di Sulawesi.

PLTA Tonsea Lama termasuk dalam tujuh pembangkit pertama milik s’Lands Waterkracht Bedriven, perusahaan listrik di Hindia Belanda, yang didirikan pada 1927 dan menjadi cikal bakal PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Mulai dibangun pada 1928, Tonsea Lama menjadi pembangkit pertama di Indonesia yang menggunakan aliran sungai sebagai sumber energi primernya yang berasal dari Danau Tondano

“Di moment HLN ke 76 ini rasanya sangat pas kami mendapat kesempatan secara langsung untuk dapat melihat kondisi PLTA Tonsea Lama. Kami bisa melihat dan membayangkan bagaimana perjuangan para pendahulu kita dalam melistriki,” ujar Basuki.

Manager PLN UPDK Minahasa, Andreas Arthur dalam sambutannya menyampaikan kondisi PLTA Tonsea Lama saat ini telah meningkatkan sebesar 11% capacity produksinya dalam hal Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Sulawesi saat ini menjadi sistem listrik EBT terbesar di tanah air, salah satunya yakni PLTA Tonsea Lama,” ucap Andreas.

Salah satu sudut yang menarik di dalam kawasan PLTA Tonsea Lama ini terdapat museum foto yang menyajikan berbagai foto-foto sejarah pembangunan sejak jaman penjajahan Belanda maupun Jepang.

“Hal yang membuat terharu sekaligus bangga yaitu saat menyaksikan dokumentasi terdahulu saat PLTA ini awal dibangun hingga beroperasi sampai saat ini. Dengan semangat Hari Listrik Nasional yang ke 76 ini semoga seluruh insan PLN dapat terus berjuang dengan penuh semangat tiada henti untuk dapat melistriki hingga ke pelosok negeri,” tambah Basuki.

Secara historis PLTA Tonsea Lama memiliki begitu banyak nilai yang berharga. Selain menjadi salah satu tulang punggung sistem kelistrikan di Sulawesi Utara, PLTA Tonsea Lama juga menjadi saksi bisu bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan merintis kelistrikan.

Untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan PLN, dapat melalui Aplikasi PLN Mobile yang dapat di unduh di Playstore atau Appstore. Semua Layanan hanya dalam satu genggaman, dengan PLN Mobile Semua Makin Mudah.(jou)

Komentar