oleh

Dinkes Manado Kantongi 59 Kasus DBD, 2 Meninggal Dunia

Manado, KOMENTAR – Data Dinas Kesehatan Kota Manado menyebut ada sebanyak 59 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) selang September hingga Oktober 2021. Dari sebanyak itu, dua orang dilaporkan meninggal dunia.

“Hingga saat ini jumlah penderita kasus DBD sebanyak 59 orang. Terbanyak pada September dengan 47 kasus dan 12 kasus di bulan Oktober. Sedangkan untuk angka kematian akibat DBD tercatat 2 kasus,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr.Joy Sekeon, Selasa (2/11) kemarin.

Lebih lanjut, Sekeon mengatakan, upaya pencegahan DBD terus digencarkan dengan melakukan fogging di 11 kecamatan serta sosialisasi melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Mengingat di akhir tahun ini curah hujan mulai meningkat, Sekeon mengimbau kepada masyarakat tetap melakukan 3M plus. “Mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan rumah, bila ada yang sakit dengan gejala panas segera bawa ke fasilitas kesehatan,” tukasnya.

Sekedar diketahui, salah satu cara mencegah DBD adalah dengan menerapkan 3M Plus. Tindakan 3M yaitu Menguras atau membersihkan tempat penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan lainnya, Menutup rapat tempat penampungan air dan  mengubur barang bekas di dalam tanah agar tidak menjadi sarang nyamuk, Memanfaatkan limbah barang bekas bernilai ekonomis (daur ulang) yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Sedangkan tindakan Plus yaitu memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, membersihkan lingkungan, meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras, memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar, menanam tanaman pengusir nyamuk.,pungkasnya.(Luc)

Komentar