oleh

Dosen FUAD IAIN Manado Mengabdi di MIN 1 Minahasa

Minahasa, KOMENTAR – Tim pengabdian Dosen FUAD terdiri atas Dr. Hadirman, S.Pd., M.Hum (Ketua), Musafar, M.Sos dan Riton Igisani, MA (anggota) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di MIN 1 Minahasa, Kamis (18/11) dimulai pada pukul 13.30 Wita hingga 16.30 Wita di ruang multimedia MIN 1 Minahasa. Hal ini dilakukan dalam rangka program “Dosen Mengabdi” yang digagas oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)

Program Pengabdian kepada masyarakat ini berupa Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (PKTI). Kegiatan ini mengusung tema “Penulisan KTI Berbuatan Moderasi Islam dan Pendidikan Karakter”. Dr. Arhanuddin Salim, M.Pd.I selaku Ketua LP2M IAIN Manado saat dihubungi melalui via telpon menyampaikan, akan selalu memberikan dukungan dan support kepada dosen-dosen dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi.

“Kami memberikan apresiasi kerja-kerja dosen mengabdi IAIN Manado yang melakukan pengabdian di Desa Sea atas pendampingan karya tulis ilmiah kepada guru-guru.

Hal ini menjadi hal penting untuk selalu digelorakan bahwa kampus harus berpihak kepada pengembangan umat. Untuk itu, saya selaku Ketua LP2M mendukung penuh serta memberikan suport untuk peningkatan pengabdian masyarakat di masa-masa yang akan datang,” ungkapnya, Rabu (17/11/2021).

Tim pengabdian dari dosen FUAD ini terdiri atas Dr. Hadirman, S.Pd., M.Hum (Ketua), Musafar, M.Sos dan Riton Igisani, MA (anggota). Selaku ketua pengabdian, Hadirman menerangkan kegiatan ini merupakan implementasi tanggung jawab dosen dalam menjalankan amanah tridharma perguruan tinggi.

“Karena ini merupakan amanah tridharma perguruan tinggi, maka kami sebagai dosen harus merealisasikan itu sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Selain itu ini merupakan kontribusi nyata perguruan tinggi kepada masyarakat utamanya pada sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kegiatan ini mendapat respon positif dari pihak madrasah yakni MIN 1 Minahasa. “Alhamdulillah selama proses sampai pelaksanaan kegiatan kami direspon baik oleh pihak madrasah. Ini menunjukkan bahwa dengan kegiatan ini pihak madrasah memberikan apresiasi besar kepada LP2M IAIN Manado,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini dipandu Dr. Hadirman dengan narasumber yakni Dr. Ishak Talibo, M.Pd.I dan Riton Igisani, M.A. Dr. Ishak Talibo, M.Pd.I membawakan materi tentang “Penulisan Karya Ilmiah Meliputi Teknik Menulis Pendahuluan, Teori, Metode, Hasil Dan Pembahasan, Kesimpulan, Abstrak, Daftar Pustaka”. Selanjutnya, Riton Igisani, M.A. membawakan materi tentang “Explorasi Tema-Tema Karya Tulis Ilmiah Bermuatan Moderasi Islam dan Pendidikan Karakter Berdasarkan Al-Quran dan Hadis.

Kegiatan ini dihadiri kepala madrasah dan seluruh guru mata pelajaran di MIN 1 Minahasa. Pengabdian ini mendapat respon kepada guru-guru, mereka bertanya terkait bagaiman trik untuk dapat mudah menulis KTI. Pertanyaan dijawab dengan baik kedua narasumber.

Diakhir kegiatan, Kepala MIN 1 Minahasa, Marwiyah, M.Pd.I memberikan sambutan dan menutup kegiatan sekaligus. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa pengabdian kepada masyarakat ini sangat memberikan banyak manfaat kepada kami, utamanya dalam membekali dasar-dasar menulis karya ilmiah.

Saya berharap ke depannya ada kegiatan yang serupa yang dilaksanakan di MIN 1 Minahasa oleh LP2M IAIN Manado, ungkapnya.(Luc)

Komentar