oleh

Pengkot PASI Manado Dikukuhkan

Manado, KOMENTAR – Upaya Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Utara untuk membangun kembali kejayaan cabang atletik di Bumi Nyiur Melambai bakal mendapatkan support penuh dari seluruh komunitas pecinta olahraga lari, lempar dan lompat di Ibukota Provinsi di ujung Pulau Sulawesi.

Gambaran tersebut mulai nampak saat agenda Pelantikan Pengurus Kota PASI Manado di Hotel Peninsula Manado, Selasa (30/11) sore. Didukung kolaborasi pelaku, pemerhati hingga teknokrat olahraga bahkan wartawan peliput khusus olahraga, kepengurusan PASI Manado ibaratnya menjadi ujung tombak bagi Pengprov PASI Sulut dalam upaya mewujudkan kembali kejayaan olahraga atletik.

Kehadiran Ketua Umum Pengprov PASI Sulut, Jemmy Mokolengsang plus Sekum, Nitje Durant lewat perannya masing-masing, bagaikan sebuah tanda bahwa kolaborasi top organisasi cabor atletik di tingkat satu dan dua memiliki visi yang sama dalam upaya mengembalikan masa keemasan di era tahun 1970-an hingga awal dekade 2000.

Apalagi, saat memberikan sambutannya, Jemmy Mokolengsang secara khusus menitipkan sebuah pesan dan harapan besar untuk Pengkot PASI Manado agar bisa saling bahu membahu dalam upaya mengembalikan Sulawesi Utara sebagai penyuplai atlet di tingkat nasional seperti pada masa masa 20 hingga 40 tahun silam.

Harapan besar untuk Pengkot PASI Manado, yang dinakodai Drs Hesky Roby Lumi juga terlontar dari jajaran Pemerintah hingga pimpinan KONI Kota Manado. Bahkan Ketua Umum KONI Manado, Rio Dondokambey melalui Wakil Ketua, Mona Kloer, yang hadir menaruhnya harapan besar bagi Lumi Cs.
Apalagi, di tahun 2022, ada sebuah ajang multi iven olahraga antar Kabupaten Kota Se Provinsi Sulut, yakni Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang digelar. Lewat ajang Porprov Sulut XI, Pemkot dan KONI Manado menaruh harapan besar kepada cabor atletik untuk memberikan kontribusi prestasi dalam bentuk medali.

Hesky Roby Lumi, yang telah mendapatkan kepercayaan memimpin PASI Manado, tampaknya sudah memiliki sebuah target besar dalam upaya menunjang program PASI Provinsi Sulut bahkan Pemerintah dan KONI Kota Manado. Sukses mengantarkan Tim Estafet Sulawesi Utara di Pra PON Timika Tahun 2020 lalu bakal menjadi sebuah pijakan bagi Lumi Cs untuk menatap sejumlah iven nasional.

Bahkan, Lumi Cs siap berkolaborasi dengan Pengprov PASI Sulut untuk menyiapkan atlet terbaik saat menatap PON XXI Aceh dan Sumatera Utara. Dasarnya adalah selain membina atlet, Pengkot PASI Manado juga siap untuk menyiapkan kompetisi yang teratur dalam upaya menjaring atlet potensial guna dibina hingga mampu berprestasi di level nasional.(Luc)

Komentar