oleh

PLN Suluttenggo Dukung Kue Khas Manado Naik Kelas

Manado, KOMENTAR. Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, PLN peduli melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), memberikan bantuan pengembangan usaha kepada UD NJ  (Kue Khas Manado) yang merupakan UMKM di Kota Manado sebagai Mitra Binaan PLN.

Usaha UD NJ bergerak di bidang kuliner dan menjual aneka ragam makanan ringan khas daerah yakni Halua Kenari, Sagu Keju, Bangket Kenari, Kue Kelapa dan kue kering lainnya. Di mana bahan utamanya berasal dari hasil tanaman khas daerah dengan packingan sederhana dan biasanya dijadikan oleh-oleh.

Bantuan yang diberikan sebesar Rp6 Juta dan akan dipakai untuk keperluan pembuatan show case, standing banner atau spanduk, iklan media sosial, serta yang pembuatan tester untuk promosi.

Manajemen PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo yang diwakili Senior Manager KKU, Wijaya Gautama memberikan secara simbolis bantuan kepada UD NJ (Kue Khas Manado), Jumat (12/11).

Dalam penyampaiannya, Wijaya Gautama berharap agar bantuan ini dapat membantu pelaku UMK seperti UD NJ dalam hal produksi yang lebih berlipatganda, serta dapat mengembangkan segmen pasar yang lebih luas.

“Melalui bantuan kami ini semoga UD NJ ini akan lebih bergairah lagi dalam memproduksi dan menjual ke pasar yang lebih luas meski dalam keadaan pandemi, dalam artian dari segi usahanya akan bertambah serta peminat akan lebih banyak lagi,” ujar Gautama.

Jakson Pasuhuk selaku Owner dari UD NJ (Kue Khas Manado) sebagai Mitra Binaan PLN menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah memberikan bantuan bagi keberlangsungan usaha kuliner makanan ringan yang sementara dikembangkannya.

“Kami memulai usaha sejak 2011 dengan produksi yang sederhana dan menjual produk menggunakan sistem orderan. Dengan modal yang tidak begitu besar kami tetap bertahan hingga sekarang,” ujar Jakson.

Seiring dengan perkembangan tekhnologi, UD NJ (Kue Khas Manado) tidak mau kalah bersaing dengan para kompetitor lainnya, dengan peningkatan produksi dan bantuan dari PLN Peduli maka dilakukan upaya melalui pemasaran konvensional serta melakukan promosi digital

“Dengan hadirnya PLN Peduli sekarang kami memasarkan produk dengan membuka kios ditempat strategis yang dapat dijangkau oleh pembeli. Produk yang kami jual juga sudah dapat dipesan secara online” tambah Jakson

PT PLN (Persero) terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya dengan menyediakan fitur marketplace yang terintegrasi dengan PLN Mobile untuk memudahkan para UMK binaan mempromosikan produknya langsung ke genggaman pelanggan. Dengan terintegrasi bersama PLN Mobile, masyarakat bisa langsung berbelanja sambil memenuhi kebutuhan listriknya. PLN Mobile, Semua Makin Mudah.(jou)

Komentar