oleh

Cadangan Listrik di Sistem Sulutgo Capai 201 MW

Manado, KOMENTAR. Cadangan listrik di sistem kelistrikan Sulawesi Utara-Gorontalo (Sulutgo) saat ini sangat besar, yakni mencapai 201 MW. Dengan cadangan yang besar tersebut, PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) memastikan tidak ada kekurangan listrik menghadapi Natal dan Tahun Baru.

“Kami pastikan, di Sitem Sulutgo saat ini tidak ada kekurangan listrik, sebab daya mampu jauh lebih besar dibanding beban puncak. Daya mampu di sistem Sulutgo saat ini sebesar 581 MW, sedangkan beban puncak bervariasi antara 379-400 MW,” kata General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki, Jumat (10/12).

Dengan daya mampu dan cadangan yang ada saat ini, PLN siap melayani setiap permintaan sambungan listrik. Basuki juga mengatakan, produksi listrik saat ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 lalu. Hal ini disebabkan aktivitas masyarakat yang kembali normal akibat pandemi Covid-19.

“Tahun 2020 lalu, produksi listrik sebesar 3.122 GW. Sedangkan tahun 2021 ini sudah mencapai 3.252 GW. Jadi ada peningkatan produksi listrik, yang berarti konsumsi listrik di masyarakat juga naik,” ujar Leo seraya berharap trend ini akan terus meningkat.

Dengan cadangan daya yang mencapi 200 MW, Basuki pun memastikan selama masa Natal dan Tahun Baru ini tidak ada pemadaman yang disebabkan oleh kekurangan pasokan listrik.(jou)

Komentar