oleh

18.822 Anak Usia 6-11 Tahun di Minut Target Vaksinasi

Airmadidi, KOMENTAR – Sebanyak 18.822 anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Pencanangan vaksinasi dilaksanakan, Rabu (15/12) kemarin di SD Negeri 1 Airmadidi di Kelurahan Sarongsong 1, Kecamatan Airmadidi yang dihadiri Bupati Kabupaten Minut, Joune JE Ganda SE.

“Akan terus kami dorong pihak sekolah dan orang tua, agar target sasaran pemberian vaksinasi pada anak-anak dapat optimal. Dengan begitu dapat terbentuk herd immunity demi mewujudkan Minut Sehat,” kata Bupati Ganda.

Kabupaten Minut menurut Bupati dapat melakukan vaksinasi anak, karena sudah mencapai target vaksinasi. “Perlu dicatat bahwa Kabupaten Minut merupakan satu dari enam kabupaten/kota di Sulut yang boleh melakukan vaksinasi. Dimana sudah mencapai 70% vaksinasi dewasa dan 60% untuk lansia,” kata Bupati.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Olfy Kalengkongan SPD MMPd menyatakan berdasarkan Dapodik, sasaran vaksinasi berjumlah 18.822 peserta didik. Sementara dalam pencanangan vaksinasi Rabu kemarin ditargetkan untuk 300 peserta didik.

“Mengacu pada data Dapodik, sasaran vaksin usia 6-11 tahun adalah 18.822 peserta didik. Saya berharap guru-guru bisa memfasilitasi peserta didik SD untuk dapat diberikan vaksin, karena ini juga akan menjadi persyaratan untuk Pembelajaran Tatap Muka,” kata Kalengkongan

Sementara menurut Kepala Dinas Kesehatan, dr Stella Safitri MKes, pihaknya akan menjadwalkan vaksinasi di setiap sekolah. Sedangkan untuk sasaran vaksinasi, Safitri menyebutkan jumlah yang berbeda dengan data Dinas Pendidikan.

“Sasaran total vaksinasi berjumlah 21.437 anak. Selain di sekolah, juga bisa dilakukan di gerai-gerai vaksinasi,” ujar Safitri. Sebelum menerima vaksin, anak terlebih dahulu akan menjalani pemeriksaan. “Syaratnya sama seperti vaksin dewasa. Yaitu di-screening baru divaksin. Untuk vaksin yang digunakan adalah Sinovac,” tukasnya seraya meminta orangtua untuk turut mendampingi anak dalam vaksinasi.(vic)

Komentar