Tim Dosen FUAD IAIN Gelar Seminar Parenting dan Pendidikan Akhlak

Minahasa, KOMENTAR -Kolaborasi dengan Komite MIN 1 Minahasa Laksanakan Seminar Parenting dan Pendidikan Akhlak Tim Dosen FUAD IAIN Manado “Mengabdi” yang diketuai Dr. Hadirman, M.Hum (Kaprodi Sosiologi Agama, FUAD, IAIN Manado) menjadi panitia dalam kegiatan Seminar Parenting dan Pendidikan Ahklah yang bertempat di MIN 1 Minahasa, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

Narasumber dalam kegiatan ini dosen FUAD IAIN Manado yakni Dr. Sahari, M.Pd (Wakil Dekan 1 FUAD IAIN Manado) dengan materi: Pendidikan Akhlak, Nur Evira Anggrainy, S. Psi, M.Si. (Dosen Prodi Psikologi IAIN Manado) dengan materi: Literasi Digital dan Tantangannya bagi Orang Tua dan Anak, Riton Igisani (Dosen Ilmu Al-Quran dan Tafsir IAIN Manado) dengan materi: Pendidikan Antara Harapan dan Kenyataan, dan Marwiyah, M.Pd. (Kepala MIN 1 Minahasa) dengan materi: Problematika dan Kebijakan Pendidiakn di MIN 1 Minahasa. Moderator dalam kegiatan ini Dr. Hadirman, M.Hum (Ketua Prodi Sosiologi Agama IAIN Manado/Ketua Komite MIN 1 Minahasa). Pembawa acara yakni Dian Nur H (Bendahara Komite MIN 1 Minahasa).

Kegiatan dibuka pada pukul 09.00 Wita. Acara dimulai dengan sambutan Ketua Komite MIN 1 Mianahasa (Dr. Hadirman, M.Hum), kemudian sambutan kepala MIN 1 Minahasa (Marwiyah, M,Pd), sambutan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Minahasa yakni Sonya Mongkau, S.E. Dr. Hadirman dalam sambutan mengungkapkan kegiatan ini sebagai bentuk bina madrasah yang dilaksanakan oleh Komite MIN 1 Minahasa dan Dosen FUAD IAIN Manado.

Sementara itu, Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Minahasa dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang merupakan kerjasama pada dosen di IAIN Manado dan Komite MIN 1 Minahasa, Kepala Madrasah dan guru-guru, dan staff MIN 1 Minahasa. Mudah-mudahan kegiatan ini tetap dipertahankan dan berkelanjutan. Ini salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk pengembangan MIN 1 Mianhasa dalam pola pengasuhan anak dan pendidikan akhlak, ungkapnya (18/12/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini: Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kabupaten Minahasa (H. Awaludin Hadji Ali, S.Ag.), Pengawas MIN 1 Minahasa (Isna Gunibala, M.Pd), Pembina Komite MIN 1 Minahasa (Ruqayah Buchari), dan tokoh masyarakat/pendidikan (Yusuf Nyaran, S.Pd.I). selain itu, kegiatan ini hadiri para wali siswa, pengurus komite, 2 orang mahasiswa yakni Program Studi Sosiologi Agama dan Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir IAIN Manado yang dilibatkan sebagai panitia pelaksana kegiatan.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (MoU) antara Program Studi Sosiologi IAIN Manado dan MIN 1 Minahasa di bidang penelitian, pengabdian kepada Masyarakat, dan praktikum/KKN/PPL mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama IAIN Manado.

Marwiyah, M.Pd menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kali kedua Komite MIN 1 Minahasa melaksanakan kerja sama dengan dosen-dosen di FUAD IAIN Manado. Ini tentu tidak lepas dengan peran ketua komite di MIN 1 Minahasa, yang juga dosen IAIN Manado dalam menghadirkan para narasumber dari FUAD IAIN Manado yang dikemas dalam “Dosen FUAD IAIN Manado Mengabdi”. Dalam tahun terakhir ini sudah dua kegiatan yang dilaksankan dari dosen-dosen FUAD IAIN Manado yakni pelatihan KTI dan Seminar Parenting dan Pendidikan Akhlak.

“Saya sangat berterima kasih kepada pengurus komite dan para dosen-dosen IAIN Manado yang sudah berkolaborasi dengan kami di MIN 1 Minahasa, ungkapnya Sabtu, (18/12/2021). Dian Nur H (Bendahara Komite dan Seksi Acara Seminar) mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mensukseskan acara ini,” katanya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Minahasa dan tim, Kepala dan guru-guru MIN 1 Minahasa, semua pihak yang menyempatkan hadir dalam kegiatan seminar, para orang tua siswa yang sudah berpartisipasi, para sponsor Wardah cosmetic, outline Bandung, Tupperware, dan bantuan pribadi para pihak. Kami panitia mengucapkan selamat kepada peserta seminar yang telah mendapatkan doorprize dari sponsor, bagi peserta yang belum dapat,” tutupnya. (Luc)

Komentar