Kepala UPT BP2MI Manado Melepas 5 CPMI Program SSW Jepang

Manado, KOMENTAR – Kepala UPT BP2MI Manado Hendra Makalalag, melepas 5 calon pekerja migran Indonesia (CPMI) yang akan segera berangkat ke Jepang untuk bekerja sebagai Care Worker di beberapa Rumah Jompo melalui program Specified Skilled Worker (SSW).

Kelima CPMI ini sudah mengikuti pelatihan bahasa dan skill di Lembaga Pendidikan Jayadi Global Education Center (JGEC) cabang Manado selama 4,5 bulan dan telah lolos wawancara dengan pengguna yang ada Jepang.

Dalam sambutannya, Kepala UPT BP2MI Manado Hendra Makalalag mengungkapkan bahwa program SSW Jepang merupakan salah satu program unggulan dari BP2MI yang banyak diminati oleh masyarakat.

ā€œProgram SSW semenjak di launching tahun 2019 lalu telah menyita perhatian masyarakat Indonesia karena peluang kerja yang ditawarkan sangat menggiurkan. Gajinya besar namun persyaratannya cukup mudah yaitu minimal berusia 18 tahun dan menguasai bahasa Jepang setara N4 dan skill jabatan yang akan dilamar. Kuotanya juga cukup banyak yaitu sekitar 345 ribu lowongan.ā€ kata Hendra.

Hendra menambahkan bahwa beberapa dari kelima CPMI yang di lepas hari ini mendapatkan informasi mengenai program SSW dari UPT BP2MI Manado.

ā€œKelima adik-adik yang kami lepas hari ini, telah mengikuti pelatihan selama 4,5 bulan di JGEC dan sudah berproses E-ID di UPT BP2MI Manado sebagai salah satu persyaratan pembuatan visa kerja SSW. Menurut informasi yang kami dapat mereka akan segera berangkat tanggal 20an di bulan Maret ini karena Jepang sudah dibuka. Kami sangat bangga karena beberapa dari kelima adik-adik ini ternyata mendapatkan informasi mengenai SSW dari sosialisasi yang diadakan oleh UPT BP2MI Manado. Jadi hal ini cukup membanggakan bagi kamiā€ jelas Hendra.

Selain melaksanakan pelepasan, Hendra juga menyampaikan pembekalan tentang pelindungan PMI di luar negeri.

ā€œSebagai PMI, mereka wajib paham peraturan dan perundang-undangan serta hak dan kewajiban mereka ketika bekerja ke luar negeri terutama soal kontrak kerja yang sudah ditandatangani. Jangan sampai hal ini dikesampingkan sehingga merugikan mereka di ketika bekerja disana.ā€kata Hendra.

Hendra juga memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada kelima CPMI yang hadir terkait bahaya ideologi transnasional untuk itu Hendra menegaskan kepada CPMI yang akan diberangkatkan untuk tetap menjunjung tinggi ideologi Pancasila dan UUD 1945 dan tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

ā€œCPMI yang bekerja keluar negeri adalah wakil Indonesia di negeri orang jadi mereka wajib menjaga nama baik Indonesia dan menjaga ideologi negara serta menjadi Duta Wisata negeri sendiri untuk mempromosikan wisata Indonesia di negara penempatan. Dengan demikian dapat mengundang minat dari warga luar untuk berwisata ke Indonesia. Sungguh kontribusi yang sangat luar biasa dari CPMIā€ kata Hendra.

Ditemui di kantor UPT BP2MI Manado, salah satu CPMI yang akan berangkat Elvira Kaongan menyampaikan rasa senang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan UPT BP2MI Manado yang telah memberikan informasi mengenai program kerja SSW Jepang melalui sosialisasi gratis di kantor UPT BP2MI Manado.

ā€œTerima kasih saya ucapkan kepada BP2MI khususnya UPT BP2MI Manado yang telah menginformasikan mengenai peluang kerja ke Jepang melalui program SSW dalam sosialisasi yang diadakan bulan Maret tahun lalu sehingga saya bisa mengikuti pelatihan bahasa dan mewujudkan impian saya untuk bekerja ke Jepang. Saya berharap kedepannya, program SSW bisa ditambah kuotanya sehingga putra-putri Manado lainnya juga bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja ke Jepang. Tetap Semangatā€ kata Elvira.(*/Luc)

Komentar