oleh

RKPD Minut 2023 Mulai Disusun

Airmadidi, KOMENTAR – Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang diwakili Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Rivino Dondokambey, Rabu (23/03) kemarin membuka penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Minut 2023, di aula Bapelitbang yang diikuti oleh Forum Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya, Dondokambey mengajak seluruh SKPD untuk bersama-sama menyatukan pikiran dalam merencanakan pembangunan Kabupaten Minut. “Forum Perangkat Daerah ini merupakan bagian dan tahapan dalam menyusun rencana pembangunan daerah tahun 2023 pada Musrenbang nanti,” papar Dondokambey.

Sedangkan menurut Kepala Bapelitbang Arnolus Wolajan, prioritas Musrenbang kecamatan-kecamatan akan dipadu dengan Rencana Kerja Daerah. “Hasil prioritas Musrenbnag dari kecamatan-kecamatan dapat dipadu dengan Renja pemerintah daerah,” kata Wolajan.

Sehingga sejak awal perencanaan, kata Wolajan sumber dana sudah harus dipikirkan. “Kalau kita ingin hasilnya bagus tentu kinerja kita harus luar biasa. Manfaatkan perjalanan dinas itu dengan jaringan di kementerian,” tukasnya.

Sementara Staf Khusus Bupati Magdalena Wullur, mengingatkan mengenai skala prioritas dalam perencanaan, sebab tidak semua bisa dilaksanakan.

“Makanya harus ada prioritas. Apakah usulan itu akan memberi dampak yang besar. Salah jika tidak direncanakan tetapi dilaksanakan. Jangan sampai apa yang dibayar tidak sesuai dengan Permendagri 18 dan 86. Pastikan apa yang dibayar sesuai Permendagri itu. Makanya setiap SKPD harus memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM),” jelas Wullur.

Ditambahkan Kepala Inspektorat Umbase Mayuntu, penyusunan RKPD 2023 mengacu pada RPJMD. “Pengawasan oleh APIP itu mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pada evaluasi pelaporan. Untuk itu saya mengajak seluruh SKPD dalam penyusunan RKPD harus mengacu pada aturan yang berlaku,” tandasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Kepala SKPD, Kabag di lingkup Setda, Camat beserta delegasi kecamatan.(vic)

Komentar