oleh

Bakal Calon Hukum Tua Harus Lulus Uji Kompetensi

Tondano, KOMENTAR- Tahapan pelaksanaan pemilihan hukum tua di 98 desa masuk tahapan pendaftaran calon hingga Senin (28/04) pekan depan.
Dalam pelaksanaan pilhut serentak tahun 2022 ini, ada beberapa tahapan yang akan dilalui diantaranya tes kompetensi. Nantinya,
bakal calon hukum tua harus memenuhi syarat lulus uji kompetensi sebelum ditetapkan sebagai calon.
“Setelah pendaftaran, tahapan selanjutnya penjaringan dan penyaringan calon. Kemudian verifikasi administrasi dan tes kompetensi. Setelah itu tahapan penetapan calon, ”
ujar Kepala Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (PMD), Jefry Tangkulung pada harian ini, Kamis (24/04) kemarin.
Dikatakan Tangkulung, tahapan uji kompetensi sudah dijabarkan dalam Peraturan Bupati tentang pemilihan hukum tua.
“Uji kompetensi ini sesuai aturan, ” ujanya. Hanya saja kata Tangkulung, dalam tahapan tes kompetensi diberlakukan bagi desa yang jumlah bakal calon yang mendaftar melebihi 5 orang. “Hanya yang lebih lima calon wajib tes kompetensi. Kalau calon-nya di bawah lima tidak perlu tes. Karna aturan pusat jumlah pendaftar dibatasi hanya lima orang jika lebih harus dilakukan seleksi. Bakal calon yang dinyatakan lulus tes kompetensi ditetapkan sebagai calon hukum tua,” ujarnya.
Nantinya, dalam tes kompetensi ini, bakal calon bakal menjalani beberapa materi tes, seperti tes wawancara, tes wawasan kebangsaan dan masalah pemerintahan. “Tes kompetensi dilakukan dihadapan panitia dan tim yang saat ini sudah dibentuk, ” ujarnya
Sementara itu, jelang penutupan masa pendaftaran, ada beberapa desa penyelenggara yang dikabarkan sudah melebihi dari 5 orang pendaftar.Seperti desa Koka Kecamatan Tombulu sudah 7 orang dan desa Passo Kecamatan Kakas Barat.Sejumlah desa lainya juga berpotensi melebihi 5 pendaftar.(bly)

Komentar