oleh

Buka rakor Gugus Tugas KLA, Bupati JG : Pemerintah Harus Penuhi Hak Anak

Airmadidi, KOMENTAR – Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Joune JE Ganda (JG), Kamis (24/03) kemarin membuka rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak bersama Forkopimda Minut yang dilaksanakan di aula Bapelitbang.
Dalam sambutannya, Bupati menyatakan bahwa anak-anak memiliki hak yang harus kita penuhi. “Pemerintah harus memenuhi hak-hak yang dimiliki oleh anak,” ujar Bupati JG.

Untuk menjadikan Kabupaten Minut sebagai Kabupaten Layak Anak lanjut Bupati harus diperjuangkan bersama-sama. “Ada hal-hal yang perlu kita pahami mengenai proses dari aspek hukum yang mungkin kita selama ini perlu melakukan konsultasi. Terutama baik dari sisi keamanan hukumnya maupun dari proses-proses bagaimana kabupaten yang disebut layak anak ini apa saja yang harus disiapkan. Kemudian bagaimana pendampingan yang tepat sehingga proses hukumnya ini bisa berjalan dengan baik,” papar Bupati .
Kemudian juga, efek buruk atau trauma yang diakibatkan dari pelanggaran yang terjadi bagi anak-anak tentunya akan memberikan dampak psikologis yang luar biasa sehingga perlu ditangani dengan benar. Oleh karena itu Dinas dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak (P3A) juga harus melakukan langkah preventif dalam mengantisipasi setiap pelanggaran atau hal-hal yang bisa terjadi pada anak-anak.

Bupati berharap Gugus Tugas akan menjadi kelompok besar yang mampu mengidentifikasi, mengantisipasi bahkan mengedukasi setiap permasalahan atau kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjadikan Kabupaten Minut sebagai Kabupaten Layak Anak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kajari Minut Yohanes Priyadi, SH MH, mewakili Kapolres Minut, Kabag SDM Maydiana Sitepu, SH, SIK, Pjb Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Rivino Dondokambey, mewakili Ketua Tim Penggerak PKK serta jajaran pejabat.(vic)

Komentar