oleh

Harga Emas Antam Naik

Manado, KOMENTAR – Harga beli emas batangan yang dijual oleh PT Antam Tbk menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (13/04).

Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, harga emas batangan produk 1 gram di Rp 1.006.000/batang, naik Rp 4.000/gram atau 0,5% dari posisi sebelumnya.

Sementara itu, harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) turut meningkat. Pada perdagangan hari ini harga emas buyback tercatat Rp 911.000/gram, naik Rp 4.000.

“Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” jelas keterangan di situs Antam.

Harga Logam Mulia Antam bergerak mengikuti harga emas dunia. Kemarin, harga emas di pasar spot ditutup di US$ 1.977,73/troy ons, naik 0,57% dibandingkan hari sebelumnya, tertinggi dalam satu bulan. Kenaikan ini didukung oleh inflasi Amerika Serikat (AS) yang tinggi.

Konflik antara Rusia dan Ukraina yang terus terjadi membuat harga-harga komoditas melambung. Terutama harga energi seperti minyak mentah, gas alam, dan batu bara. Akibatnya inflasi semakin memanas.

ASmencatatkan inflasi tahunan sebesar 8,5% pada Maret 2022, tertinggi sejak Desember 1981. Catatan inflasi itu pun berada di atas inflasi bulan sebelumnya sebesar 7,9%. Pun melebihi ekspektasi dalam konsensus para ekonom sebesar 8,4%.

Pasar tampak abai dengan konsekuensi kenaikan suku bunga yang lebih agresif oleh bank sentral AS, Federal Reserves/The Fed akibat inflasi yang terus melambung. “Emas tampaknya mengabaikan kenaikan suku bunga AS dan khusus berfokus pada inflasi”, kata Edward Meir, seorang analis ED&F Man Capital Markets.

Tingkat inflasi yang tinggi jadi sentimen positif bagi emas. Saat inflasi meningkat, nilai uang menjadi tergerus, membuat emas dipilih oleh investor untuk melindungi nilai asetnya. Sebab, jumlah emas relatif terbatas karena jumlahnya tidak bisa bertambah dengan cepat sehingga harganya akan terus menguat, meski fluktuatif dalam gerak harian.

Analis teknikal Reuters Wang Tao melihat peluang harga emas dunia untuk meningkat terbuka lebar. Sebab saat ini harga emas dunia berhasil tembus dari resisten US$ 1.975/troy ons. Selanjutnya target harga emas di US$ 1.984 – 1.998/troy ons.(cnbc)

Komentar