oleh

Pemkab Usulkan Penambahan Kouta Solar dan Gas LPG

Tondano, KOMENTAR
Pihak PT Pertamina akan menambah 10 persen dari total kuota tabung gas LPG 3 Kg dan jatah kouta Solar subsidi di Kabupaten Minahasa .
Kepastian penambahan kuota gas LPg dan Solar ini disampaikan supervisor 2 PT Pertamina Sulutgo,Agung Dianggara saat mengikuti rakor bersama tim TPID Kabupaten Minahasa, Rabu (14/04) lalu.
Ia mengatakan penambahan ini dalam rangka kelangkaan dan mengantisipasi permintaan meningkatkan jelang hari raya besar seperti Paskah dan Idul Fitri
“Untuk stok solar di depot saat ini memang aman namun ada usulan penambahan suplai solar dan prodak lainya seperti gas LPG dari pemkab untuk mengantisipasi kenaikan permintaan saat hari raya Paskah dan Idul Fitri, ” ujarnya.
Ia mengatakan, penambahan suplai untuk LPG bisa sampai 5 sampai 10 persen dari jumlah couta.Sedangkan solar penambahan bisa sampai 20 persen.
“Untuk solar sesuai kebutuhan memang lagi meningkatkan sehingga diharapkan SPBU untuk ada permintaan penambahan suplai. Jatah solar untuk Minahasa sekitar 9000 kilo liter dan diusulkan penambahan 20 persen karna kondisi hingga triwulan II  over pemakaian sekitar 46 persen. Mengacu jumlah kouta tersebut untuk penggunaan solar harian memang kurang sehingga pemkab Minahasa sudah pengajuan ke Pusat (SPP Migas) penambahan kouta solar sehingga Pertamina akan kawal permintaan tersebut, “ujarnya.
Terkait suplai solar di lapangan, pihak Pertamina pun mewarnai kepada SPBU untuk tidak melayani permintaan “tap” gelon dan jika ditemukan akan dikenai sangsi tegas.
“Sesuai aturan PPH jenis kendaraan roda 6 maksimal 200 liter. Bagi semua SPBU untuk penyaluran harus sesuai SOP. Jika ada ditemukan penyaluran tidak sesuai ketentuan akan dikenai sangsi, ” tegasnya.
Sementara itu, Asisten II Wenny Talumewo mengatakan Pemkab  mengajukan penambahan kuota LPg 3 kg dan solar untuk mengantisipasi kelangkaan karena adanya peningkatan permintaan di momentum Ramadhan, Paskah dan menjelang Idul Fitri.
“Usulan penambahan ini untuk menanggulangi kebutuhan mendesak di momen hari raya, ” ujarnya.(bly)

Komentar