oleh

Dorong Keterbukaan dan Transparansi, Pemkab Minut Launching SDI

Airmadidi, KOMENTAR – Sebagai acuan dalam pelaksanaan dan pedoman instansi pusat dan daerah dalam pengelolaan data, serta untuk menyediakan data yang berkualitas, pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut), Selasa (12/04) kemarin launching Satu Data Indonesia (SDI).

Launching dilakukan oleh Bupati Joune J.E. Ganda SE yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Rivino Dondokambey di Hotel Sutan Raja, Kalawat. Kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi penyelenggaraan statistik sektoral oleh Kepala Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Sulawesi Utara Asim Saputra S.ST, M.Ec.Dev, Kepala BPS Minut Carlos Siburian, Kepala Bapelitbang Minut Arnolus Wolajan dan Plt Kadis Kominfo dan Persandian Minut Budyani Max Wurarah.

“Presiden Jokowi telah melaunching portal SDI dan ini adalah yang pertama kali di Indonesia. Kolaborasi kabupaten/kota dengan provinsi untuk mendukung pembangunan. Presiden juga melanching Desa Cinta Statistika (Desa Cantik),” ujar Saputra.

Datanya lanjut Saputra bersumber dari desa. Sehingga harus dipahami benar data tersebut untuk kemudian divalidasi. “Harapannya bersama BPS bisa membangun portal Satu Data. Saat ini di Sulawesi Utara, sudah ada tiga daerah di yang siap menyelenggarakannya yaitu, Kota Manado, Kota Bitung dan Kabupaten Minut,” jelas Saputra.

Sementara dalam sambutan Bupati yang dibacakan Sekda, disampaikan bahwa program SDI di Minut dilaksanakan untuk mengawal dan pendorong keterbukaan serta transparansi. “Ini juga sejalan dan mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati kita. Marilah Bersama-sama kita jaga dan kawal visi dan misi bupati serta wakil bupati kita. Melalui Satu Data ini kita Bersama-sama mendorong kemajuan di Minut lebih cepat,” kata Dondokambey.(vic)
Terkait hal itu Kadis Kominfo Minut mengakui telah siap menyelenggarakan Satu Data Indonesia tersebut. Menurutnya seluruh desa sudah terjangkau jaringan internet untuk mendukung program tersebut.(vic)

Komentar