ROR-RD dan GK Juga Bakal Dapat THR Lebaran, Begini Besarannya

Bupati Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey

Tondano, KOMENTAR – Tidak hanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pensiunan yang akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Bupati Royke O Roring, Wakil Bupati Robby Dondokambey dan Ketua DPRD Minahasa Gladys Kandouw juga ikut menerima gaji 14 dengan nilai yang berbeda beda.
Sekertaris Daerah (Sekda) Frits Muntu ketika dikonfirmasi mengatakan, mengacu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tertanggal 13 April 2022 mengatur mengenai siapa saja yang berhak menerima THR dan gaji ke-13 hingga besarannya.
“Dari PP itu THR diberikan kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan tahun 2022. Jika ditingkat pemerintah kabupaten, pejabat negara dalam hal ini termasuk bupati, wakil bupati, Ketua dan anggota DPRD,” kata Sekda, Selasa (18/04).
Ia mengatakan, besaran THR yang akan diterima oleh masing-masing PNS atau pejabat daerah (Bupati,wakil bupati,ketua dan anggota DPRD) disesuaikan dengan gaji dan tunjangan yang diterima setiap bulannya.
Berdasarkan, PP nomor 16 tahun 2022 yang ditanda tangani Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 13 April 2022, salah satunya disebutkan THR dan gaji ke-13 terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan 50 persen tunjangan kinerja sesuai dengan jabatan, pangkat, peringkat jabatan atau kelas jabatan PNS.
Lantas berapa besaran THR yang bakal di dapat ROR-RD?.Diketahui, standar gaji kepala daerah di Indonesia nilainya sama diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2000. Berdasarkan aturan tersebut, gaji pokok kepala daerah setingkat bupati sebesar Rp 2,1 juta per bulan. Kemudian, besaran untuk wakil bupati adalah Rp 1,8 juta per bulan.
Namun tak hanya gaji pokok, bupati dan wakil bupati juga mendapatkan uang tunjangan. Adapun, sesuai Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan bagi Pejabat Negara Tertentu, tunjangan bupati sebesar Rp 3,78 juta per bulan
ditambah tunjangan lainnya sekitar Rp 900 rbu. Lalu, wakil mendapatkan Rp 3,24 juta per bulan dan tunjangan lainnya sekitar Rp 900 ribu.
Merujuk pada gaji pokok dan tunjangan Bupati/Wakil Bupati, maka besaran THR yang akan diterima oleh bupati ROR kurang lebih Rp 6,78 juta dan wabup RD sekitar Rp 5,94 juta. Kemudian untuk anggota DPRD dan Ketua DPRD rata-rata THR yang diterima sebesar Rp 6,6 juta.
Bupati dan wakil tidak hanya menerima gaji dan tunjangan. Ada pendapatan lainya yang diterima. Berdasarkan PP Nomor 109 Tahun 2000 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, bupati dan wakil bupati berhak mendapat rumah dinas, kendaraan dinas, dan tanggungan biaya operasional.
Namun, besaran tanggungan biaya operasional tergantung pada pendapatan asli daerah (PAD) dan anggarannya berasal dari APBD. Rinciannya : PAD sampai dengan Rp 5 miliar tunjangan operasional paling rendah Rp 125 juta dan paling tinggi sebesar 3 persen dari PAD. PAD di atas Rp 5 miliar sampai Rp 10 miliar tunjangan operasional paling rendah Rp 150 juta dan paling tinggi sebesar 2 persen dari PAD. PAD Rp 20 miliar sampai Rp 50 miliar, tunjangan operasional paling rendah Rp 300 juta dan paling tinggi 0,8 persen dari PAD.PAD diatas Rp 50 miliar sampai Rp 150 miliar paling rendah tunjangan operasional Rp 400 juta dan paling tinggi 0,40 persen dari PAD.PAD diatas Rp 150 miliar tunjangan operasional Rp 600 juta dan paling tinggi 0,15 persen dari PAD.
Mengacu laporan keuangan pemkab Minahasa dalam buku LHP BPK RI perwakilan Sulut tahun 2020. PAD Minahasa berada diangka Rp 102,667 miliar.Dengan demikian ROR-RD menerima tunjangan operasional dengan nilai tiga digit rupiah. (bly)

Komentar