oleh

Pemkot Manado Sukseskan Pencanangan BIAN

Manado, KOMENTAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Rabu (18/05) kemarin sukseskan kegiatan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di SD Katolik St. Theresia Manado, Kompleks persekelohan suster/SMA Rex Mundi.

Hadir dalam pencanangan, Walikota Manado, Andrei Angouw bersama TP-PKK Kota Manado, Ny Irene Angouw Pinontoan dan Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang.

Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang dalam sambutan mengatakan,
kedepan Pemkot Manado melalui Dinas Kesehatan akan peringati Bulan Imunisasi Anak Nasional. Pasalnya, dua tahun terakhir Pemkot Manado tidak melakukan imunisasi dasar yang dikhususkan ke anak-anak.

“Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional dilakukan agar anak-anak kita yang belum di imunisasi 2 tahun belakangan ini bisa mendapatkan imunisasi,” kata Wawali.

Sualang juga mengatakan, seluruh jajaran bisa sigap menyiapkan titik-titik dalam pelaksanaan imunisasi ini.
“Terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemprov Sulut atas ketersediaan vaksin di imunisasi ini. Sehingga kita bisa melaksanakan bulan dan imunisasi anak nasional ini semoga Tuhan memberkati kegiatan kita ini dan pasti akan sukses ini,” katanya.

Kadis Kesehatan Kota Manado, dr. Steven Dandel dalam laporannya menyampaikan, cakupan imunisasi pada kelompok sasaran tertentu sudah terakumulasi selama kurang lebih 3 tahun sejak tahun 2020 hingga 2022 ini semakin banyak anak-anak yang tidak terlindungi dengan vaksinasi rutin karena pandemi Covid-19.

“Pemerintah Pusat mengadakan program kampanye nasional untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar dan termasuk juga imunisasi campak dan rubella serempak secara nasional, untuk imunisasi anak nasional di Kota Manado,” ungkap Dandel.

Diketahui, sasaran pemberian imunisasi akan diberikan kepada sebanyak 55.561 anak yang terdiri dari anak untuk kelompok usia 9 bulan sampai di bawah 12 tahun.

Adapun untuk pos pelayanan vaksinasi telah didirikan sebanyak 547 pos yang terbagi di Sekolah Dasar sebanyak 252 lokasi, di Puskesmas dan per Kelurahan dan posyandu ada 295 lokasi. Untuk tenaga vaksinator dan tenaga kesehatan lainnya ada kurang lebih 756 orang.(luc)

Komentar