oleh

MTQ Bernuansa Moderasi Beragama di Minut Sukses

Minut, KOMENTAR – Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sukses gelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- XXIX Tingkat Kabupaten Minut tahun 2022 dalam nuansa moderasi beragama. Hal ini diungkap Bupati Minut, Joune Ganda, SE saat membuka MTQ ke- XXIX di Desa Watudambo I, Kecamatan Kauditan.

Ketua Panitia Pelaksana Ir. H. Sujarno Wirodimedjo, MM dalam laporan mengucap syukur. Pasaknya, selama proses persiapan dan pelaksanaan MTQ,  umat nasrani sangat banyak membantu, mulai dari pengamanan oleh Panji Yosua ( Gereja Masehi Injili di Minahasa), bantuan 300 buah kursi, satu set sound system serta gotong royong membersihkan dan menata lokasi pelaksanaan kegiatan. Diketahui kegiatan yang berlansung selama 3 hari mulai tanggal 1 s.d. 3 Juni 2022, diikut oleh peserta utusan 10 Kecamatan se-Minahasa Utara.

Sementara itu, Bupati Minut, Joune Ganda, SE menyampaiakan apresiasi serta dukungan penuh proses pelaksanaannya kegiatan ini. “Saya berterima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada  jajaran Kemenag Minut di bawah pimpinan Pendeta Anneke M Purukan, pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ Kab. Minut) serta seluruh panitia pelaksana karena selain kegiatan ini terselenggara dengan sukses tetapi juga mampu menunjukkan bahwa  Minahasa Utara merupakan Daerah yang rukun dan layak untuk disebut sebagai Daerah Toleran,” kata Ganda.

Ganda menambahkan, bahwa moderasi beragama di Minahasa Utara bukan hanya dalam wujud kata semata tetapi sudah dibuktikan. “Pemerintah dan seluruh masyarakat Minahasa Utara turut bangga karena  moderasi beragama di Minahasa Utara tidak hanya sekedar kata-kata tetapi sudah diwujudnyatakan, hal ini sejalan dengan tema yang diusung oleh Kakan Kemenag Minut bersama dengan panitia yakni “Dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an kita ciptakan generasi yang Qur’ani, untuk meningkatkan Kerukunan Umat Beragama berdasarkan Perspektif Moderasi Beragama di Kab. Minahasa Utara”. ujarnya.

Senada dengan Bupati Minahasa Utara, Kakanwil Kemenag Prov. Sulut  H. Anwar Abubakar, S.Ag., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya  terhadap Pelaksanaan MTQ XXIX Kab. Minahasa Utara. “Saya mengapresiasi Jajaran Kemenag Minut bersama Panitia pelaksana karena mampu menggelorakan Moderasi Beragama pada masyarakat melalui kegiatan ini, Harapan saya tentu semangat Moderasi Beragama ini mampu menjadikan Kab. Minahasa Utara menjadi daerah yang lebih baik, rukun, damai dan harmonis,” kata Kakanwil yang sekaligus mendorong agar Minahasa Utara nanti dapat berprestasi di tingkat Provensi.

Tampak hadir pada pembukaan kegiatan ini Kakan Kemenag Kab. Minut  Pdt. Anneke M. Purukan, S.PAK., M.Pd.,  Kapolres Minut  AKBP. Bambang Y. Wibowo, S.I.K, Dandim 1310 Wil. Minut/Bitung (Diwakili  Mayor. Jemi Lotulung), Asisten I Pemkab Minut Dr. Jane Simons, Ketua LPTQ Minut Ir. H. Sujarno Wirodimedjo, MM., Ketua MUI Kab. Minut  Suhartono Tilamuhu, Ketua PCNU Kab. Minut H. Badlowi, Ketua IMIMUT Bpk. Mansyur Ui, Jajaran Pejabat Pemkab Minut, Hukum Tua Desa Watudambo I & Watudambo II

Kepala Kemenag Minut saat diiwawancarai mengatakan bahwa kegiatan ini  selain dalam rangka wujud implementasi mememlihara dan meningkatkan kerukunan umat beragama dalam perspektif moderasi beragama di Minahasa Utara, juga  merupakan persiapan kontingen Minahasa Utara menghadapi pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Sulut yang akan dilaksanakan di Kota Bitung 13 Juni mendatang.

“MTQ Tingkat Kabupaten ini adalah salah satu wujud praktek kerukunan umat beragama berdasarkan perspektif moderasi beragama di Minahasa Utara. Kegiatan ini juga bertujuan  menyeleksi Qori/Qori’ah dan Hafidz/Hafidz’ah terbaik dari Minahasa Utara untuk diutus ke MTQ tingkat  Provinsi,” pungkas Purukan. (vic)

Komentar