oleh

Peserta Latsar Belum Tentu Diangkat Jadi PNS

Ratahan, KOMENTAR – Meskipun telah mengikuti pelatihan dasar (Latsar) sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) namun bukan berarti menjadi jaminan akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sikap, prilaku, keseriusan, dan kepatuhan dari CPNS itu sendiri bakal ikut jadi penentu seorang CPNS dapat diangkat menjadi PNS.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Jesaja JO Legi terkait dengan sementara digelarnya latsar bagi 137 CPNS Kabupaten Mitra di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Sulut.

“Saya belum menjamin anda akan lulus, karena kelulusan itu ada di tangan anda. Serius dan taati aturan serta mengikuti semua kurikulum yang diberikan, siap dirubah dan bersahabat dengan perubahan. Tentu sebagai penyelenggara pastinya Pemkab Mitra sangat berharap anda akan lulus,” katanya di hadapan para CPNS yang sementara mengikuti Latsar, pekan lalu.

Sementara itu, Kepala BPSDMD Provinsi Sulut Drs Marhaen R Tumiwa MPd menyampaikan, Latsar ini bukan hanya sekedar program sebagai formalitas untuk memenuhi kriteria CPNS menjadi PNS. “Latsar sebagai program pemenuhan kompetensi CPNS dalam mengisi bagaimana program latihan menjadi pembentukan mental karakter,” katanya.

Hal ini, kata Tumiwa, menjadi penting dalam rangka memenuhi kompetensi baik teknik managerial, digital, nasionalis, administrasi pemeritahan sebagai sosok ASN yang profesional yang memenuhi standar. “Juga dituntut ASN yang berakhlak dan mampu berkolaborasi dalam tugas, sekaligus memiliki kemampuan pelaksana kebijakan public,” tukasnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mitra, Rine Komansilan SPd MAP menjelaskan, untuk pelaksanaan Latsar kali ini diikuti 137 CPNS, dengan rincian golongan II sebanyak 29 orang, golongan III sebanyak 108 yang terdiri atas tenaga teknis 23 orang, tenaga guru 67 orang, serta tenaga kesehatan 47 orang.

“Pelaksanaannya adalah 51 hari kerja dengan rincian 18 hari on campus, 30 hari masa aktualisasi, 3 hari ujian aktualisasi,” ungkapnya. Ia juga berharap para peserta agar fokus dalam kegiatan ini supaya bisa meraih hasil yang baik.(ftj)

Komentar