oleh

Puluhan Kepala Sekolah di Manado Kembali Menjadi Guru Biasa

Manado, KOMENTAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado mengembalikan 23 Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Manado menjadi guru.

Hal ini imbas dari penutupan 18 SDN di Manado serta pelantikan Kepsek SDN pekan lalu di aula serba guna Pemkot Manado.

Diketahui, ada 33 SD Negeri di Manado yang menjadi kajian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado. Kemudian diusulkan hanya 15 SD yang lanjut beroperasi.
Sementara 18 SD lainnya terpaksa ditutup. Sedangkan peserta didik di sekolah tersebut akan digabung.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado Dr Deysie Lumowa MPd melalui Kabid Pembinaan SD Triana Almas STTP MSi ketika dikonfirmasi mengenai penutupan 18 SD Negeri tersebut tak menampik.

“Semua sudah melalui kajian dan hal ini telah disampaikan ke Walikota Manado,”kata Kabid belum lama ini.

Lanjut dijelaskan Kabid, ada beberapa pertimbangan sehingga dilakukan merger/penutupan sekolah-sekolah tersebut, diantaranya adalah ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah tersebut yang belum memadai dan jumlah peserta didik.
“Ada dua atau tiga sekolah di lokasi yang sama, kami merger/tutup. Apalagi sekolah tersebut hanya punya halaman yang terbatas,”ujarnya sembari menambahkan¬† bahwa langkah ini juga sudah dikonsultasikan ke pihak Kementerian.(fly)

Komentar