oleh

Amrafel Tendean, Pecatur Junior Masa Depan Sulut

Sulut, KOMENTAR – Propinsi Sulawesi Utara merupakan gudang olah raga catur. Bahkan, para pecetur junior handal terus bermunculan, salah satunya adalah Amrafel Hardman Tendean. Pria 15 tahun lahir di kota Bitung 15 Agustus 2007 ini boleh dikata salah satu pecatur muda masa depan Sulut.

Alumus SMPN 1 Manado tahun 2022 adalah pecatur junior hasil binaan Percasi Kota manado yang dipimpin ketua Rizal Layuck SH. Afel sapaan Amrafel adalah sosok yang pendiam humanis dan bersahaja. Bahkan, cita-citanya menjadi Atlit catur yang handal bisa membawa nama daerah Nyiur Melambai.

Sederet prestasi yang sudah diukir Afel yakni, tahun 2018 pada Kejurnas Junior di Propinsi Aceh berhasil menduduki rangking 18 dari ratusan peserta yang mengikuti kejuraan itu. Kemudian, pada tahun 2019 Kejurnas Junior di Ambon, siswa alumus SD GMIM 9 Sario Manado ini meraih rangking 6 dan kejuraan Open Turnament millenial Chess Tropy OD-SK berhasil meraih juara 1.

Prestasi lainya diraih Afel yakni mengikuti Porprof di Bitung saat usia 11 tahun mewakili Boltim. Kemudian, 2021 Kejurnas Junior di Bangka Belitung rangking 13.
Pengalaman inilah membuat Afel terus berlatih.Lewat polesan sosok pelatih yang bersahaja Jefry Zaikat membuat Afel terproses semakin matang bahkan berlahan sudah beranjak di kancah senior. Pada tahun 2022 ini, Afel cukup berhasil meraih juara 1 junior tropy Gubernur Sulbar di Mamuju 22-23 Januari dan meriah juara 1 Umum (Senior/Junior).

Di Bitung (Resting Club), akhir Januari lalu Ia meriah juara 2 umum. Gorontalo Open Tropy Bupati (Rangking 9 Umum). Tropy Walikota Bitung rangking 4 beregu. Ikut regu kejuraan di Lapas manado 6-8 Agustus perebutab tropy Gubernur Sulteng meriah rangking 7 (Umum/Blits).

Inilah sekilas potret Afel pecatur junior Sulut, semoga kedepan dengan pembinaan terukur sistimatis pecatur -pecatur junior Sulut dapat berkembang matang dan berprestasi dibawah kepengurusan Ketua Percasi Sulut yang baru Bapak Apriano Ade Saerang ST. MSi (AAS).(luk).

 

Komentar