oleh

Sukses di Bitung, Roadshow Multimedia GMIM Lanjut ke Mitra

Walikota Bitung,Pnt Maurits Mantiri MM saat membawakan materi 

Bitung, KOMENTAR – Komisi Kerja Multimedia Sinode GMIM sukses menggelar roadshow pertamanya di Kota Bitung, Jumat (26/08/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang Data, IT dan Informatika Pnt Recky Montong, M.Th. Turut serta Koordinator Bidang IT dan Informatika, Pdt Melky Tamaka M.Th, Ketua Komisi Kerja Multimedia Pnt Marlon Sumarauw, Wakil Ketua Pnt Aswin Lumintang dan Sekretaris Pnt Jemmy Saroinsong dan anggota Komisi Kerja Multimedia lainnya.

Wakil Ketua BPMS, Pnt Recky Montong MTh bawakan materi

Tak hanya itu, Ketua BPMS GMIM, Pdt DR Hein Arina, juga tampil membawakan sambutan melalui zoom kepada ratusan peserta yang mewakili setiap jemaat GMIM se-Kota Bitung.

Dalam sambutannya, Pdt Arina menyampaikan harapannya bagi Komisi Kerja Multimedia GMIM dalam menghadapi era informasi dan digitalisasi.

“GMIM sebagai gereja yang melayani umat Tuhan harus berbenah dengan mengikuti perkembangan yang ada. Komisi Kerja Multimedia harus menjadi terdepan mendorong perkembangan GMIM di bidang telekomunikasi dan digital. Gereja harus merespons ini sehingga jemaat terlayani dengan baik dalam berbagai aspek,” ungkapnya.

Sedangkan Walikota Kota Bitung Pnt Maurits Mantiri MM yang juga adalah Ketua P/KB Sinode GMIM memberikan semangat kepada Tim Kerja Multi Media untuk bekerja melayani Tuhan dan gereja melalui bidang digital.

Apalagi kata dia, saat ini pemerintahannya mencananglan Kota Bitung sebagai kota digital.

“Tujuannya untuk mendorong kemajuan di bidang komunikasi dan digitalisasi baik di masyarakat maupun pemerintahan Kota Bitung,” katanya.

Ia juga mengatakan, sebagai Ketua P/KB Sinode GMIM, dirinya telah merancang agar semua data jumlah gereja, P/KB Jemaat dan wilayah serta lainnya terdata secara online.

“Memang belum optimal, dan masih ada kekurangan. Tapi setidaknya kita sudah memulai,” tambah Mantiri yang juga berkesempatan menyampaikan materi di hadapan para Ketua-ketua BPMJ dan Ketua-ketua BPMW serta perutusan jemaat se-Rayon Bitung.

Sementara itu, Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang Data, IT dan Informatika Pnt Recky Montong M.Th mengatakan, pihaknya akan terus membenahi dan mengoptimalkan data warga GMIM secara online.

Serta merancang program-program untuk memajukan aset media GMIM, yakni portal online dodokugmim.com dan radio Sion.
“Jika semuanya maju, maka GMIM bisa bersaing dan menjawab tantangan era komunikasi dan digital,” tukasnya. Montong pun mengingatkan bahwa data dan informasi adalah the next oil. Betapa strategisnya hal ini. Karena itu, gereja harus mempersiapkan diri menghadapinya.

Pada kegiatan ini turut disajikan materi-materi soal jurnalistik dan bagaimana menangkal informasi hoaks bagi para perserta, yang diberikan oleh para pemateri.

Di antaranya Ketua Komisi Kerja Multimedia Pnt Marlon Sumarauw, Wakil Ketua Pnt Aswin Lumintang dan Sekretaris Pnt Jemmy Saroinsong serta anggota Komisi Kerja Multimedia Maxi Sidayang, Lynvia Mandey-Gunde, Pdt Ginna Worotitjan-Boediman MTh dan Andria Kumontoy.

Rencananya, dari Bitung, roadshow ini akan lanjut digelar di Minahasa Tenggara Bulan September 2022.(*)

Komentar