oleh

Tewasnya Karyawan di Lift Barang, Owner Litan Elektronik Center Manado Terancam Pidana

Manado, KOMENTAR_Owner Toko Litan Elektronik Center Manado RB terancam pidana, buntut tewasnya seorang karyawan di lift barang saat bekerja, Senin (29/08), pekan lalu.

“Untuk sementara kita duga dengan pasal 359 KUHP tentang kelalaian akibat meninggal dunia,” kata Kasat Reskrim Polresta Manado Kompol Sugeng Wahyudi Santoso.

Lanjut dia terkait kasus kematian di Toko Litan Elektronik Center Manado, untuk besok (hari ini) masih dalam pemanggilan saksi-saksi di Tempat Kejadian Perkara (TKP), kemudian akan juga memanggil ownernya. “Kami juga akan memanggil ahli dan keluarga korban, mengambil keterangan terkait kejadian di Toko Litan Elektronik Center Manado,” ujar dia.

Diketahui, Pasal 359 KUHP tertulis, barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun. Dalam hukum pidana kelalaian, kesalahan, kurang hati-hati atau kealpaan disebut culpa.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang didapat , dari keterangan saksi Sany Mongan dimana pada Pukul 10.20 Wita, 29 Agustus 2022 di Toko Litan Elektronik Center Manado, melihat korban dan Noven Mathias ke lift barang. Saksi Sany mengingatkan ke korban untuk mengambil barang tiga unit AC dan satu unit kulkas, korban merespon dengan katakan ok.

Sekira 30 detik saat saksi Sany berada di depan pintu toko tiba-tiba terdengar bunyi benda keras dari lift belakang. Saksi menuju ke lift barang dan melihat korban sudah tergeletak di atas lift dalam kondisi luka dan berlumuran darah dari mulut dan hidung. Korban kemudian dibawa ke RS Prof Kandou Manado di ruangan IGD dengan menggunakan mobil operasional kantor pick up. Namun nyawa korban tidak lagi tertolong.

Diketahui, lift barang berumur 17 tahun dengan kapasitas muatan hingga 1.000 kg. Saat kejadian di dalam lift hanya ada korban tanpa ada barang. Diduga korban meninggal dunia saat turun dari lantai 3 lift dikarenakan rantai lift putus, sehingga korban langsung terhentak ke lantai 1.Korban mengalami luka robek di telapak kaki, dan luka robek di kepala bagian belakang. (pra)

Komentar