oleh

75 Team Siap Berlomba di Ajang LNSIFC Tahun 2022

Manado, Komentar – Sebanyak 75 team kategori international siap mengikuti lomba di ajang Likupang North Sulawesi International Fishing Competition (LNSIFC). Kegiatan tersebut akan digelar tanggal 14-18 September 2022.

Berdasarkan data yang diterima, Senin (05/09) kemarin, untuk peserta international ada 75 team, domestik 68 team, WNA 7 orang; masing masing Australia 1 orang, China 1 orang, France 2 orang, USA 2 orang dan Singapure 1 orang. Total semua peserta 464 orang. Sedangkan untuk kategori tradisional ada 32 team peserta 71 orang.

“Untuk kategori international sudah ditutup. Bagi peserta luar negeri/WNA dan kategori tradisional masih dibuka pendsftaran,” kata Kadis Kelautan dan Perikanan Sulut Dr Tienneke Adam melalui Kabid Pengelola Ruang Laut selaku panitia dari Pemprov Sulut, Senin (05/09) kemarin.
Diketahui kegiatan ini memperebutkan Piala Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga Gubernur Sulut Olly Dondokambey serta hadiah uang.

Bagi kategori international dan nusantara pesertanya memakai kapal dan mengarungi perairan Likupang, Biaro, teluk Manado dan finish di perairan atau kawasan Megamas.
“Di Megamas juga ada festival Tuna dan Sashimi. Juga ada pemecahan rekor MURI Tuna,” kata Adam sebelumnya.

Hadiah uang untuk kategori international dan nusantara, juara 1 Rp150 juta, juara 2 Rp75 juta, juara 3 Rp37,5 juta. Kategori tradisional , juara 1 Rp15 juta, juara 2 Rp10 juta dan juara 3 Rp5 juta. Juga ada lomba memancing kategori spesies ikan terberat.
Sementara Ketua Panitia Michael Umbas mengatakan kegiatan yang didukung penuh Presiden Jokowi, direncanakan dihadiri langsung Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Tohir, Menparekraf Sandiaga Uno dan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono.

“Ya, mohon dukungan teman-teman dan masyarakat Sulut,” kata Umbas saat jumpa pers, waktu lalu. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari TNI AL dan instansi terkait lainnya.(ist/mly)

Komentar