oleh

Modifikasi Vespa Konvensional Jadi Vespa Listrik, PLN Komit Lakukan Kampanye Energi Bersih

Manado, KOMENTAR. PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo menggelar Evebition (Electric Vehicle Exhibition) dengan berkolaborasi dengan Elders Energy dan diikuti oleh sejumlah bengkel otomotif, komunitas otomotif serta SMK (Sekolah Menegah Kejuruan) Kota Manado dan Tomohon. Kegiatan eksibisi ini merupakan wujud komitmen PLN mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Eksibisi yang digelar pada (05/9) di Kawasan Megamas Manado ini merupakan eksibisi motor listrik pertama di pulau Sulawesi yang proses perakitan serta konversi langsung dilakukan diatas panggung yang dilihat oleh ratusan pengunjung. Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Manado yang diwakilkan oleh Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Manado, Atto Bulo, Direktur Bisnis Regional Sulmapana yang diwakilkan oleh EVP Perencanaan dan Pengendalian Regional Sulmapana, Eman Projono, serta stakeholders di Kota Manado.

Kegiatan tersebut kolaborasi bersama Elders Energy yang merupakan bengkel pertama di Indonesia yang telah tersertifikasi dan berlisensi sebagai bengkel konversi resmi. Proses demo konversi motor listrik memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengunjung untuk melihat langsung proses perakitan yang dilakukan hanya dengan waktu satu setengah jam.

Rangkaian kegiatan evebition ini juga mendapat apresiasi dari pemerintah Kota Manado, melalui pesan Walikota yang menyebutkan bahwa eksibisi konversi motor listrik menjadi sumber edukasi baru dan sebagai salah satu cara mengajak masyarakat untuk beralih ke penggunaan energi bersih berbasis listrik.

“Pak Walikota menyampaikan bahwa masa depan ada pada energi listrik dan pihak pemerintah mendukung serta menyambut baik terkait program konversi kendaraan listrik. Momen eksibisi yang digelar saat ini menjadi kesempatan untuk kedepannya proses transisi energi akan terlaksana dengan baik seiring berjalannya waktu,” ujar Atto.

Leo Basuki, General Manager PLN Suluttenggo menyampaikan, penggunaan motor listrik merupakan salah satu bentuk upaya PLN untuk mendukung dalam mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20 dalam menginisiasi peralihan dari energi fosil berbasis impor menjadi energi baru terbarukan berbasis domestik yang lebih murah, bersih dan tentunya ramah lingkungan.

“Upaya percepatan ekosistem kendaraan listrik terus dilakukan. Melalui vespa klasik yang memiliki catatan historis didalamnya kami berusaha untuk membuat sesuatu yang berselera untuk mempercepat tujuan ekosistem tersebut tercapai,” ucap Basuki.

Eman Prijono selaku EVP Perencanaan dan Pengendalian Regional Sulmapana menerangkan bahwa PLN menjadi bagian daripada tugas pemerintah sebagai garda terdepan dalam proses transisi energi untuk mengurangi emisi karbon (CO2).

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Sulawesi ini memiliki potensi bauran energy baru terbarukan yang jumlahnya sangat banyak dan bervariasi. Tentu jika hal ini di kombinasikan dengan percepatan ekosistem kendaraan listrik yang dilakukan secara masif maka tujuan dalam transisi energi dapat sesuai dengan rencana,” ungkap Eman.

Berbagai informasi update terkait langkah PLN pada strategi transisi energi serta penggunaan energi bersih lainnya bagi Indonesia untuk capai Zero Emission dapat diakses langsung dari PLN Magazine di aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.(jou)

Komentar