oleh

Buka Kegiatan Seminar, Kadis Lukas: Alat Musik Daerah Sangat Penting

Manado, KOMENTAR – Alat-alat musik tradisional di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang merupakan kebudayaan di daerah, diperlukan kajian guna mendukung berbagai budaya yang memang sangat disukai oleh masyarakat.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut Ir Jani Lukas ketika membuka secara resmi kegiatan seminar hasil kajian Alat Musik Tradisional Sulut yang menghadirkan akademisi dan budayawan Sulut, hari Kamis (08/02).
Lanjut dikatakan Lukas, alat musik tradisional sangat penting menjadi salah satu nilai bagi daerah Sulawesi Utara, bahkan Gubernur Olly dan Wakil Gubernur Steven terus memberikan dukungan dan motivasi termasuk perhatian bagi budaya Sulut lewat alat musik, seperti musik kolintang yang telah dikenal didunia internasional.
Kadis Lukas, yang begitu konsen dengan budaya Sulut, bahwa kegiatan perlindungan pengembangan pemanfaatan koleksi secara terpadu harus terus dilakukan, karena alat musik tradisional menjadi hal penting termasuk dalam mendukung program ODSK berkaitan dengan dunia pariwisata.
Ditambahkan Lukas, bahwa lewat seminar dan kajian, maka kita dapat lebih mengetahui kebudayaan Indonesia, khususnya Sulut serta menjaga kelestarian budaya dan mempelajarinnya untuk menerusi ke generasi berikutnya, agar tidak hilang ataupun diambil negara lain.(ist/mly)

Komentar