oleh

Talumewo : Rica Jadi Penyebab Inflasi

Ir. Wenny Talumewo.

Tondano, KOMENTAR

Asisten II , Ir Wenny Talumewo menyebut bahan pokok Barito (bawang, rica,tomat) lebih khusus cabe rawit alias rica salah satu komunitas penyebab inflasi. Iapun mengimbau produksi bahan pokok tersebut harus dijaga untuk menjamin inflasi terkendali.

Diketahui, harga bumbu dapur tersebut kerap berfluktuasi karena faktor iklim dan keterlambatan pasokan dari luar Minahasa. Pemkab Minahasa akan melakukan langkah antisipatif, menghadapi lonjakan inflasi di antaranya mengawal produksi dan harga komoditi bahan pokok tersebut

“Salah satu komunitas penyebab inflasi adalah barito antara lain cabe rawit. Diharapkan, kita menjaga kestabilan produksi agar supaya harga rica tidak meningkat di pasar. Supaya kestabilan produksi terjaga, apalagi ini menghadapi musim panca roba, ya produksi cabe di Minahasa harus terjaga, “kata Talumewo pada wartawan, Kamis (08/09).

Ia mengatakan, yang paling bahaya di inflansi apabila distribusi dan ketersediaan bahan di tingkat konsumen tidak ada. ” Tentunya harga akan naik dan menyebabkan inflansi, ” ujarnya.

Lantas bagaimana menjaga kestabilan produksi cabe. Salah satunya menurut Talumewo masyarakat harus menanam rica. “Bagaimana menjaga kestabilan orkalau kurang produksi ya masyarakat harus tanam rica. Pemkab mengimbau kepada masyarakat mempersiapkan cabe di rumah masing masing. Kalau bisa satu rumah ada satu polibek rica untuk kebutuhan di dapur dan tidak dibeli lagi, ” ujarnya.

Lebih lanjut Talumewo, bahwa Pemkab Minahasa akan melakukan berbagai langkah antisipatif, menghadapi lonjakan inflasi diantaranya menyiapkan operasi pasar.

“Kalau memang harga tinggi atau tidak ada pruduksi cabe, maka pemkab akan siapkan operasi pasar.Mengimbau masyarakat, para distributor pangan membantu pemerintah tidak ada penimbunan bahan pangan. Jika kedapatan ada konsekuensi, ” tegasnya.

Namun demikian, kata Talumewo,
angka inflasi di Kabupaten Minahasa sejauh ini masi terkendali. “Cuma harus diantisipasi dengan naik harga BBM.Jangan sampai kenaikan ini dibarengi dengan produksi kurang, ” pungkasnya.(bly)

Komentar