oleh

Dukun Palsu Diringkus Tim Delta Polresta Manado

Manado, KOMENTAR – Seorang lelaki berinisial RS alias Anto (29) warga Kabupaten Boltim, Sulawesi Utara, akhirnya ditangkap Tim Delta On The Road Polresta Manado. Pasalnya, RS alias Anto telah melakukan penipuan dengan cara mampu menggandakan uang. Modusnya, membayar mahar uang kemudian untuk digandakan menjadi lebih banyak. Penangkapan tersebut itu terjadi, Selasa (12/09) kemarin di salah satu rumah yang berada di Desa Modayag, Kecamatan Modayag, Kabupaten Boltim.

Dari tangan pelaku, Tim berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa batangan emas palsu yang terbuat dari kertas, dupa Cina, gardus dan uang mainan pecahan 50 ribu.

Kasat Reskrim Polresta Manado, Kompol Sugeng Wahyudi Santoso ketika di konfirmasi mengatakan, awalnya pelaku berperan sebagai dukun pengobatan. Tapi bisa juga menggandakan uang yang diberikan kepadanya. “Sejumlah uang diberikan oleh para korban lalu akan digandakan. Pelaku juga mengiming-imingi memberikan emas batangan,” ujar Kompol

Untuk meyakinkan para korban, Kasat Reskrim mengatakan pelaku menunjukkan uang hasil penggandaan dalam dus serta batangan emas melalui video. Jika diberikan mahar, maka uang itu akan digandakan. “Pelaku berpura-pura membungkus uang dalam kertas dan minta diletakkan di atas ventilasi selama tiga hari. Nyatanya saat para korban membuka kertas, ternyata tidak ada uang di dalamnya,” jelas Kompol Sugeng.

Lanjutnya, sudah enam korban yang melapor tapi baru satu yang dibuatkan laporan polisi dengan kerugian sementara sekitar 60 juta. Akibat perbuatan itu, pelaku pun diancam Pasal 378 KUHP tentang penipuan. “Ancaman hukumannya empat tahun penjara,” kata mantan Kasat Reskrim Polres Minahasa ini.

Perwira berpangkat satu melati yang pernah menjabat Kasatres Narkoba Polresta Manado mengimbau masyarakat yang merasa ditipu oleh oleh pelaku untuk melapor. “Silahkan melapor, nanti kami akan memproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” pungkas Sugeng. (pra)

 

Komentar